Prodi Komunikasi Unram Adakan Semnaskom untuk Pemulihan Pembangunan Global

Semnaskom
Para narasumber kegiatan Seminar Nasional Komunikasi (Semnaskom) yang akan digelar Prodi Ilmu Komunikasi Unram.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Jika tidak ada aral melintang, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram (Prodi Ilmu Komunikasi Unram) segera mengadakan Seminar Nasional Komunikasi (Semnaskom). Di mana, Semnaskom dengan mengangkat tema ‘’Komunikasi, Ekonomi Kreatif, dan Pemulihan Pembangunan Global’’ ini, akan berlangsung di Hotel Golden Palace Mataram, pada 14 Oktober 2021 mendatang.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unram, Agus Purbatin Hadi mengatakan, seminar yang digelar kali ini merupakan yang ketiga kalinya sebagai upaya Prodi Ilmu Komunikasi Unram untuk meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. ‘’Pengabdian masyarakat merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus ditingkatkan. Kegiatan ini adalah upaya untuk berkolaborasi dengan akademisi dan praktisi untuk menjaga eksistensi pengabdian kepada masyarakat,’’ kata Agus Purbatin, dalam keterangan tertulisnya, pada Jumat (8/10/2021).

Kegiatan Semnaskom ini, lanjut Agus, diharapkan mampu meningkatkan proses transfer ilmu pengetahuan yang ada di kampus ke tengah masyarakat. ‘’Hal ini penting dilakukan supaya ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di kampus dapat bermanfaat langsung kepada masyarakat,’’ ujarnya.

Ketua Panitia Semnaskom, Baiq Vira Safitri menerangkan, kegiatan ini sendiri selain mengundang semua akademisi dan praktisi di Indonesia, juga dihadiri oleh narasumber-narasumber ternama seperti Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Prof Deddy Mulyana; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; Nur Asia Uno, dan M Taufik Hizbul Haq.

Dengan menghadirkan narasumber yang kompeten, lanjut Vira, Prodi Ilmu Komunikasi Unram berharap pengetahuan dan teknologi di bidang komunikasi dapat dibagikan dan didiskusikan dalam forum yang memadai. Selain itu, ruang kolaborasi menjadi tujuan dari kegiatan Semnaskom ini. Dengan adanya ruang kolaborasi ini, maka Prodi Ilmu Komunikasi Unram berharap akademisi dan praktisi komunikasi mampu menjawab tantangan zaman.

Di samping itu, Semnaskom kali ini menawarkan subtema yang berbeda dengan pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya. ‘’Pelaksanaan Semnaskom tahun ini cukup berbeda dari tahun sebelumnya dari sisi tema dan subtema, terutama karena kebutuhan masyarakat terus berubah dan perkembangan ilmu pengetahuan juga terus berubah,’’ kata Vira.

Adapun beberapa subtema yang ditawarkan oleh Semnaskom kali ini yakni; 1). Komunikasi, Media dan Digital; 2). Komunikasi Kesehatan dalam Adaptasi Krisis, dan Pasca Pandemi; 3). Pembangunan Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Berkelanjutan; 4). Komunikasi Lingkungan dalam Upaya Perbaikan Kawasan Terdampak; 5). Komunikasi Mitigasi dan Kebencanaan.

Untuk peserta yang ingin ikut dalam kegiatan ini, dapat melakukan pendaftaran melalui website Semnaskom dengan alamat semnaskom.unram.ac.id. ‘’Peserta mengirimkan abstrak dan full paper melalui website tersebut dan jika ada informasi yang ingin ditanyakan dapat langsung menghubungi narahubung kegiatan ini melalui nomor WA: 087865677925,’’ ujarnya.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here