Komisi V DPR RI Apresiasi Kesiapan Infrastruktur Dukung WSBK dan MotoGP

Acara diskusi
Suasana acara diskusi bersama ruang lingkup dan mitra kerja Komisi V DPR RI, di Lombok Astoria Mataram, Selasa (12/10/2021).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Usai mengunjungi langsung Sirkuit MotoGP di Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) dan berbagai fasilitas pendukung lainnya, Anggota Komisi V DPR RI mengapresiasi kesiapan infrastruktur untuk mendukung event dunia WSBK dan MotoGP di Provinsi NTB.

‘’Kami sudah turun langsung ke lapangan bersama Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah dan Bupati Loteng, HL Pathul Bahri, progress infrastrukturnya luar biasa,’’ Anggota Komisi V DPR RI, Sudewo, di depan Gubernur NTB yang diwakili Sekda NTB, HL Gita Ariadi pada acara diskusi bersama ruang lingkup dan mitra kerja Komisi V DPR RI, di Lombok Astoria Mataram, Selasa (12/10/2021).

Menurutnya, progress pembangunan sarana dan prasarana untuk menunjang terselenggaranya event bergengsi dunia mulai tampak kemajuan luar biasa. Apalagi di bawah kepemimpinan Gubenur H Zulkieflimansyah dan Wagub Hj Sitti Rohmi Djalillah yang bekerja begitu maksimal bersinergi dengan semua pihak.

Seperti pembangunan dan rehab bandara BIZAM Lombok, ruas jalan baypass BIZAM—Mandalika, Pelabuhan Gili Mas dan Sirkut Mandalika, progresnya luar biasa. ‘’Bahkan sudah ada yang sampai rampung 100 persen,’’ ucap politisi asal Jawa Tengah ini.

Ditambahkannya, dari hasil pantuannya ada beberapa yang perlu dilengkapi. Terlihat sepele namun akan memberikan efek bagi daerah. Ruas jalan dari BIZAM—Mandalika cukup baik namun pemilihan tanaman pendukung untuk kawasan sepanjang jalan harus dipilih yang hijau. ‘’Minimal tumbuhan yang hijau setiap musim,’’ sarannya.

Diakuinya, hajatan ini merupakan event yang menggambarkan dan mencerminkan sinergi dan berkolaborasi lintas lembaga, kementerian dan semuanya untuk memastikan event ini berjalan sukses. Sehingga memberikan kepercayaan masyarakat dunia kepada Indonesia, dan memberikan dampak bagi kemajuan dan angka kunjungan pariwisata di Indonesia.

Hal lain yang dievaluasi adalah mengenai SDM yang terlibat dalam event ini yang perlu di-upgrade kapasitasnya. Termasuk persoalan persampahan dan hal sepele lainnya.

Sementara itu, Sekda NTB, HL Gita Ariadi menyampaikan apresiasi atas kunjungan kerja Komisi V DPR RI yang membidangi infrastruktur, transportasi dan lainnya. ‘’Mohon izin saya menyampaikan salam hormat dari Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah yang tidak bisa hadir karena sedang di Papua. Untuk mensupport altet NTB di ajang PON,’’ kata Miq Gita, demikian Sekda NTB, HL Gita Ariadi biasa disapa.

Namun lanjut Sekda, Gubernur NTB akan segera menindaklanjuti arahan dan masukan pada kunker Komisi V DPR RI ini. Sehingga dari kunjungan tersebut dapat dijadikan referensi untuk evaluasi ke depan. Di waktu yang tersisa ini, kekurangan dapat dibenahi lebih baik lagi. Diskusi Komisi V DPR RI bersama mitra dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dihadiri sejumlah kepala OPD terkait.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here