Hari Pahlawan Nasional, Bupati Lotim Serahkan Bantuan Speedboat kepada Guru Pulau Kecil

Penyerahan Bantuan Speedboat
Suasana penyerahan bantuan speedboat ke beberapa sekolah yang ada di pulau-pulau kecil bagian selatan dan utara Lombok Timur.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Ada yang menjadi sorotan kamera di momentum peringatan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2021 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Pemkab Lotim). Usai Apel Bendera yang diikuti seluruh jajaran Pemkab Lotim, TNI dan pihak kepolisian, acara ditutup dengan penyerahan bantuan speedboat ke beberapa sekolah yang ada di pulau-pulau kecil bagian selatan dan utara Lombok Timur.

Bantuan yang berasal dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI itu prioritas diperuntukkan untuk armada angkutan guru sekolah yang harus menyeberang laut setiap hari. Di antaranya; untuk SD-SMP Satu Atap Pulau Maringkik Desa Maringkik, Kecamatan Keruak. Untuk SD-SMP Satu Atap Gili Beleq Desa Pare Mas, Kecamatan Jerowaru. Dan yang ketiga untuk BUMDes Deriuk Tinjal, Desa Sugian, Kecamatan Sambelia.

Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy didampingi Sekda Lotim, HM Juani Taopik dan Kadis Perhubungan Lotim, Purnama Hadi berpesan kepada Ketua Komite Sekolah serta Ketua BUMDes penerima bantuan agar sarana ini dikelola dan dipelihara dengan sebaik mungkin. ‘’Harga per unit speedboat ini Rp370 juta, ini harga yang cukup pantastis sehingga harus dikelola dan dirawat sebaik mungkin,’’ kata Bupati.

Kepala Dinas Perhubungan Lotim, Purnama Hadi selaku OPD penyalur bantuan menjelaskan, bantuan ini bersumber dari DAK Kementerian Perhubungan yang diperuntukkan sebagai armada angkutan para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa (guru) sekolah Satu Atap yang ada di dua pulau di wilayah selatan dan satu untuk BUMDes wilayah utara.

Menurut Purnama Hadi, sekolah Satu Atap di Pulau Maringkik dan Gili Beleq, sebagian besar gurunya harus menyeberang setiap hari. Karenanya, armada ini untuk memperlancar antar jemput guru-guru. Purnama Hadi juga meminta Komite Sekolah masing-masing agar speedboat ini dimanfaatkan sebaik mungkin demi memperlancar pendidikan pada dua gili.

Purnama Hadi berjanji akan tetap memantau dan mengawasi pengelolaan dan pemeliharaan armada laut ini guna memastikan bahwa penggunaannya efektif dan efisien. ‘’Kami dari Dinas Perhubungan akan tetap memantau apakah digunakan secara efektif atau tidak. Jangan sampai hajat peruntukannya tidak berfungsi dengan efektif,’’ tegas Purnama Hadi kepada Lomboktoday.co.id.(Kml)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here