Gubernur NTB Sanjung KEK Mandalika, Ini Alasannya

H Zulkieflimansyah
Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah menyanjung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang memberikan dampak ekonomi signifikan bagi NTB. Menurut Gubernur, dampak ekonomi telah jauh dirasakan bahkan sebelum rencana pembangunan sirkuit di Mandalika.

‘’Tentu bukan hanya sirkuit. KEK Mandalika sebagai destinasi pariwisata memiliki banyak potensi. Bahkan, NTB bukan hanya laut, pantai dan keindahan alam, tapi juga potensi ekonomi lainnya,’’ kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah pada kegiatan talkshow di salah satu televisi swasta bertajuk ‘’Memacu Ekonomi NTB di Sirkuit Mandalika’’ yang diikuti dari Pendopo Gubernur NTB, Selasa (16/11/2021).

Menyoal potensi ekonomi di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Gubernur menjelaskan, event internasional lain selain IATC, WSBK dan MotoGP akan tumbuh subur di NTB sepanjang tahun di sela event balapan. Indikasi geliat ekonomi, lanjut Gubernur, telah terasa bahkan sejak rencana akan dibangunnya sirkuit yang berdampak sangat baik bagi pariwisata NTB.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB, I Ketut Wolini yang juga hadir sebagai narasumber menjelaskan, geliat pariwisata dengan mulai penuhnya hotel, restoran dan kunjungan ke NTB akan segera menstimulus sektor lain terutama UMKM dan usaha pendukung lainnya. Saat ini, jelang rangkaian event balapan internasional, pasar domestik masih mendominasi karena terkendala pandemi.

‘’Kami yakin setelah pembatasan karena pandemi mulai longgar, kunjungan wisatawan luar negeri akan segera banyak. Tapi, saat inipun ketentuan CHSE dan protokol kesehatan seharusnya menjadi jaminan keselamatan di luar masalah lama karantina bagi wisman yang mungkin masih menjadi kendala berwisata,’’ kata Wolini.

Sementara itu, pakar ekonomi INDEF, Ahmad Heri Firdaus meyakini, berkah KEK Mandalika dan sirkuitnya yang berpotensi ekonomi besar jelas memiliki multiplier effect bagi masyarakat NTB.

‘’Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dan ITDC sebagai BUMN pengelola pasti sudah memiliki roadmap dan kebijakan terkait pengembangan ekonomi. Yang paling membutuhkan perhatian adalah penyiapan sumber daya manusia di NTB agar mampu menangkap peluang ekonomi dari sirkuit dan KEK Mandalika ini,’’ katanya.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here