Syarifah Aziziah Raih Juara III Ajang Anugerah Konstitusi X Tahun 2021

Syarifah Aziziah
guru PPKn SMPN 1 Mataram, Syarifah Aziziah, S.Pd., M.Pd berhasil meraih juara III pada ajang Anugerah Konstitusi ke-X tahun 2021.

JAKARTA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Prestasi membanggakan yang ditorehkan oleh salah seorang guru PPKn SMPN 1 Mataram, Syarifah Aziziah, S.Pd., M.Pd., patut ditiru dan diacungi jempol. Betapa tidak, Syarifah Aziziah telah berhasil meraih juara III nasional pada ajang Anugerah Konstitusi ke-X tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) RI.

Dengan prestasi yang diraih ini, Syarifah Aziziah berharap bisa menjadi sebuah awal yang baik bagi dirinya maupun bagi para guru-guru PPKn di Indonesia untuk melakukan berbagai inovasi atau terobosan dalam pembelajaran, mengingat saat ini dituntut bahwa pembelajaran yang berbasis pada era 4.0.

Syarifah Aziziah mengatakan, perkembangan teknologi itu sangat cepat, sehingga guru dapat menyesuaikan dengan kondisi saat ini untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila dengan 6 dimensinya. Di antaranya; bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, mandiri, gotong royong, kebhinekaan global, berpikir kritis dan kreatif dalam rangka mempersiapkan generasi emas 2045 yang damai dalam interaksi dengan lingkungannya, berkearifan lokal dengan berpikir global.

‘’Dunia berubah sangat cepat, jadi guru harus memfasilitasi, memotivasi, dan menginspirasi siswa dalam menyiapkan diri menghadapi perubahan. Integrasi teknologi dalam pembelajar  menjadi sebuah keniscayaan. Dan ajang Anugerah Konstitusi ini merupakan bentuk motivasi dan apresiasi kepada guru yang mau berkarya,’’ kata Syarifah Aziziah dalam pesan singkat yang dikirim melalui aplikasi WhatsApp (WA) ke Redaksi Lomboktoday.co.id, pada Selasa malam (30/11/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kota Mataram, HL Fatwir Uzali saat menerima kedatangan Syarifah Aziziah, di ruang kerjanya tadi sore (Selasa sore, 30/11/2021) berharap dengan prestasi ini menjadi pemantik bagi guru PPKn untuk terus berkarya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, HL Fatwir Uzali (kanan) foto bersama Syarifah Aziziah, guru PPKn SMPN 1 Mataram yang telah berhasil meraih juara III ajang Anugerah Konstitusi ke-X tahun 2021 (kiri).

‘’Ada perbedaan guru bekerja dan berkarya. Di mana, kalau guru bekerja waktunya terbatas dan memperoleh upah sesuai dengan pekerjaannya. Sedangkan guru berkarya itu tidak mengenal waktu. Sehingga salah satu penghargaan sebagai guru berkarya itu adalah ibu (Syarifah Aziziah, Red) memperoleh juara III pada ajang Anugerah Konstitusi ke-X, dan memperoleh hadiah yang bisa dinikmati serta membawa nama baik Kota Mataram khususnya, dan NTB pada umumnya,’’ kata Kadis Pendidikan Kota Mataram, HL Fatwir Uzali.

Seperti diketahui bahwa setelah melalui seleksi karya tulis (best practice inovasi pembelajaran) dari Kemendikbudristek pada tanggal 25 Oktober hingga 5 Nopember 2021, terpilih 12 finalis yang siap mengikuti lomba secara daring pada tanggal 15-16 November 2021.

Peserta dari Kemendikbudristek yang lolos seleksi 6 orang guru PPKn dari SD/MI dan 6 orang guru PPKn dari SMP/MTs menerima undangan penguatan dari Kemendikbudristek pada tanggal 11-13 November 2021 di Hotel Arosa Jakarta Selatan untuk mempersiapkan tahap wawancara melalui daring dari Mahkamah Konstitusi (MK). Selanjutnya pada tahap final diikuti oleh 12 guru SD/MI, 12 guru SMP/MTs dan 12 guru SMA/SMK/MA.  Selanjutnya keluarlah pengumuman yang mengikuti grand final pada tanggal 25 November 2021 bertepatan dengan Hari Guru Nasional (HGN) ke-76.

Adapun yang meraih juara di antaranya; untuk jenjang SD/MI, juara I diraih Pipit Pujiastuti dari SD Negeri Purwantoro 01 Malang, Jawa Timur. Juara II, Amirotul Azizah dari MIN 6 Demak, Jawa Tengah. Juara III, Edi Arham dari SD Negeri Lalowata, Konawe, Sulawesi Tenggara. Juara harapan I, Muhaimin dari SD Negeri Aengtaber 1 Tanjungbumi Bangkalan, Jawa Timur. Juara harapan II, Sri Handayani Widianingrum dari MIN II Kulonprogo, Daerah istimewa Yogyakarta.

Selanjutnya jenjang pendidikan SMP/MTs; Juara I diraih Achmad Sholehudin dari MTs Negeri I Lamongan, Jawa Timur. Juara II, Nyoman Agus Udayana. Juara III, Syarifah Aziziah dari SMP Negeri 1 Mataram, Provinsi NTB. Juara harapan I, Ahmadun dari MTs Negeri 3 Demak, Jawa Tengah. Juara harapan II, Aslamiah dari SMP Negeri 1 Tanjungpura, Sumatera Utara.

Sedangkan jenjang SMA/SMK/MA; Juara I diraih Marwan Arjuli dari SMA Negeri Poto Tano, Provinsi NTB. Juara II, Ida Rohayani. Juara III Nur Rochmah Erinawati. Juara harapan I, Dani AKhmad Ma’rufin dari SMA Negeri Pemali, Kepulauan Bangka Belitung. Juara harapan II, Elisa Susanti dari MAN 3 Cilacap, Jawa Tengah.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *