Gubernur NTB Bahas Pelebaran Jalan Kuta-Keruak dalam Rakor Lanjutan yang Digelar KSP

H Zulkieflimansyah
Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah membahas pelebaran fasilitas jalan Provinsi Ruas Kuta Lombok Tengah—Keruak Lombok Timur, dan perbaikan fasilitas pendukung lainnya. Hal ini untuk memberikan kepercayaan kepada dunia internasional, bahwa Pertamina Mandalika International Street Circuit lebih siap menggelar event dunia MotoGP dan bahkan mampu menggelar Formula One (F1) ke depan.

‘’Kalau landscape dan fasilitas jalan Provinsi Ruas Kuta—Keruak sudah bagus, saya yakin MotoGP lebih mantap lagi dan kita lebih percaya diri bicara dengan Owner Formula One,’’ kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah saat rapat koordinasi (Rakor) lanjutan rencana pelebaran jalan Provinsi Ruas Kuta-Keruak, yang diselenggarakan Kantor Staf Presiden (KSP) melalui telekonferensi menggunakan aplikasi zoom, di Pendopo Gubernur NTB, Kamis (09/12/2021).

Sehingga saat menemui pihak Owner Formula One, setidaknya dapat memberikan kepastian bahwa segala fasilitas dan sarana prasarana dapat mendukung terselenggaranya Formula One maupun event bergengsi lainnya ke depan dapat memenuhi standar dan syarat yang ditentukan.

Kerena menurut Gubernur, kesuksesan pelaksanaan gelaran internasional Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) membuktikan bahwa Indonesia khususnya NTB mampu menggelar event dunia tersebut. Sehingga pelaksanaan MotoGP yang penontonnya diperkirakan 10 kali lebih banyak, harus didukung dengan penataan dan pembangunan fasilitas yang jauh lebih baik lagi.

Gubernur yang pernah 15 tahun menjadi anggota DPR RI ini pada rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri, telah disampaikan agar persiapan MotoGP dan event lainnya harus digesa agar lebih siap lagi. Bahkan Presiden Jokowi juga memuji keberhasilan pelaksanaan IATC dan WSBK yang mampu membangkitkan sektor pariwisata, hingga berimbas ke sektor ekonomi dan sektor lainnya. Selain itu, juga event tersebut tidak menimbulkan cluster baru Covid-19.

‘’Oleh sebab itu, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah mendukung penuh pembanguna berbagai fasilitas pendukung dan sarana prasarana Sirkuit Mandalika serta berbagai program Pemerintah Pusat di NTB,’’ ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Staf Kepresidenan, Ansyori meminta agar Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, ITDC, Pemprov NTB dan leading sector lainnya, agar segera dapat mempercepat penganggaran dan pengerjaan fasiliatas jalan Provinsi Ruas Kuta—Keruak dan fasilitas lainnya. ‘’Sehingga event MotoGP dapat berjalan sukses dan lancar, dan sebelum tanggal 20 Maret 2022 mendatang sudah siap semuanya,’’ kata Ansyori.

Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, H Ridwan Syah menegaskan bahwa yang dibutuhkan oleh daerah saat ini adalah kepastian pelaksanaan dan pengerjaan untuk fasilitas dan sarpras dari Pemerintah Pusat. ‘’Kami berharap pekerjaan fisik jalan provinsi dalam mendukung Sirkuit Mandalika harus didukung penuh oleh Pemerintah Pusat. Artinya, ini menjadi direktif Presiden Jokowi yang harus dilaksanakan oleh Kementerian PUPR. Sehingga pelaksanaannya lebih cepat dalam menghadapi event MotoGP dan event lainnya ke depan,’’ katanya.

Hadir pada rapat koordinasi lanjutan rencana pelebaran jalan Provinsi Ruas Kuta—Keruak yang diselenggarakan Kantor Staf Presiden (KSP), yakni perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Selaku Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Sekretaris Kementerian Koordinator, Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Pemerintah Daerah, Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Tengah, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kepala Perwakilan Provinsi NTB Badan Usaha dan Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero).(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *