crossorigin="anonymous"> Ini 9 Isu Besar yang Menjadi Fokus Panitia Nasional MotoGP

Ini 9 Isu Besar yang Menjadi Fokus Panitia Nasional MotoGP

Rapat Sinkronisasi Persiapan MotoGP
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dan Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Mandalika, Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, saat rapat sinkronisasi, di Hotel Novotel Mandalika Lombok Tengah, Selasa (11/1/2022).

LOMBOK TENGAH, LOMBOKTODAY.CO.ID – Untuk memaksimalkan persiapan event internasional MotoGP, panitia nasional menggelar rapat sinkronisasi di Hotel Novotel Mandalika Lombok Tengah, Selasa (11/1/2022), untuk menggesa kesiapan sarana dan prasarana serta berbagai fasilitas penunjang ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika pada Maret 2022 mendatang.

‘’Kami terus menggesa persiapan dalam menyambut event MotoGP, semuanya on progress,’’ kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dan Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Mandalika, Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.

Menurut Menparekraf, Sandiaga Uno, ada 9 (Sembilan) isu yang dibahas dalam rapat sinkronisasi tersebut, misalnya mengenai kesiapan akomodasi penginapan, pelebaran jalan, penataan jalan bypass BIZAM-Mandalika, transportasi jalur udara-laut, progress vaksinasi Covid-19, penerapan prokes, mitigasi bencana dan fasilitas penunjang Sirkuit Mandalika. ‘’Sembilan isu tersebut sedang on progress dan akan segera diselesaikan,’’ ujarnya.

Menparekraf Sandiaga Unoteri mengaku bahwa hajatan dunia MotoGP di NTB Indonesia sebagai tuan rumah, dapat membangkitkan kembali pariwisata dan menggeliatkan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19. Bahkan, sesuai rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun akan meninjau langsung kesiapan dan progress penyelenggaraan MotoGP ini.

Sementara itu, Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Mandalika, Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto mengakui terus mengurai 9 (Sembilan) isu besar tersebut. ‘’Bahkan setiap hari kami terus memantau dan mengupdate dukungan infrastruktur,’’ kata mantan panglima TNI ini.

Seperti infrastruktur bypass Keruak-Kuta, pembangunanan kawasan Sirkuit Mandalika dan ditambah lagi kesiapan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta). Begitupun tempat untuk UMKM baik yang akan berada di dalam Sirkuit Mandalika maupun yang di luar Sirkuit Mandalika.

Harapannya, semua kendala di ajang MotoGP akan dituntaskan, sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penonton, termasuk kru maupun pembalap MotoGP. ‘’Intinya, ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika ini harus sukses, sehingga semua kementerian maupun dibantu Pemerintah Daerah juga ikut menyiapkan penyelenggaraan tersebut,’’ ujarnya.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah meyakini penyelenggaraan MotoGP berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Apalagi dengan kehadiran panitia nasional yang mampu memberikan dorongan dan semangat kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk terus bersama Pemerintah Pusat menggesa pembangunan berbagai sarana dan prasarana serta berbagai fasilitas pendukung penyelenggaraan ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika yang akan digelar pada 18-20 Maret 2022 mendatang. ‘’Sehingga dapat membangkitkan pariwisata dan bermanfaat bagi geliat ekonomi NTB,’’ katanya.

Selain itu, mantan anggota DPR RI ini mengatakan akan terus menggesa vaksinasi di seluruh kabupaten/kota se-Pulau Lombok dan beberapa kabupaten/kota di Pulau Sumbawa hingga 70 persen lebih. ‘’Kami terus intens berkoordinasi juga dengan Danrem 162/WB, Kapolda NTB dan pihak kabupaten/kota,’’ ujarnya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published.