EO dan Talenta Lokal Didorong Terlibat dalam Berbagai Event Internasional di NTB

Kegiatan Event
Ini ilustrasi event yang membutuhkan peran serta para Event Organizer (EO) dan talenta lokal.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB serius mendorong keterlibatan event organizer (EO) dan talenta-talenta lokal, khususnya dalam berbagai gelaran event internasional di NTB.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah melalui Kepala Badan Promosi Pariwisata (BPPD) Promosi NTB, Ary Garmono menjelaskan bahwa berbagai event internasional akan semakin ramai dilaksanakan di NTB. Sehingga hal  itu diharapkan membawa berkah bagi seluruh stakeholders yang terlibat.

‘’Untuk akomodasi, amenitas dan transportasi sudah banyak yang menyuarakan, tetapi seniman dan penyelenggara kegiatan juga jangan sampai tidak terakomodir,’’ kata Ketua BPPD NTB, Ari Garmono, di ruang kerjanya, pada Kamis (17/2/2022).

Menurut Ari, hal ini penting untuk menampilkan warna lokal dalam gelaran berbagai event internasional. Salah satu yang sudah di depan mata adalah MotoGP. Menurutnya, artis nasional memang memiliki daya tarik tinggi, tetapi talent lokal juga memiliki fan base yang cukup besar. ‘’Ini hajatan di tanah warga NTB, maka wajar ketika ekspektasi para pemilik kepentingan juga cukup tinggi,’’ ujarnya.

Kang Ari, begitu Ari Garmono biasa disapa tidak menampik ika EO nasional memiliki sumber daya dan modal yang besar, akan tetapi yang lebih memahami psikologi massa dan pemetaan lapangan adalah EO lokal. ‘’Maka, sebaiknya menurut saya bergandengan tangan. Selama masih bisa ditangani oleh tangan-tangan local, sebaiknya memaksimalkan yang ada,’’ ungkapnya.

Kang Ari juga berharap agar event-event besar ini mampu menjadi pemicu sekaligus penyemangat para EO dan talent lokal untuk meningkatkan kapasitasnya, sehingga nanti tidak ada dikotomi lokal dan nasional. ‘’Kalau diberi ruang dan kesempatan saya yakin pada akhirnya akan sejajar kok,’’ ucapnya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published.