Kominfo Ajak Jurnalis Sebarkan Narasi Positif Gelaran MotoGP Mandalika 2022

Dirjen IKP Kominfo, Usman Kansong
Dirjen IKP Kominfo, Usman Kansong.

LOMBOK TENGAH, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak para jurnalis peliput ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 pada 18-20 Maret 2022 untuk memanfaatkan semaksimal mungkin fasilitas di Media Center Indonesia (MCI).

‘’Sebarkan narasi yang positif terkait MotoGP Mandalika 2022 ini karena membawa nama Indonesia di tingkat dunia. Gunakan seluruh fasilitas seperti internet yang disiapkan untuk kebutuhan para jurnalis. Masyarakat Indonesia memerlukan informasi yang akurat terkait MotoGP 2022,’’ kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo), Usman Kansong, di Bukit 360 Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Rabu (16/3/2022).

Sebelumnya, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen IKP Kominfo, Septriana Tangkary menyatakan, MCI diharapkan dapat membantu kerja jurnalis dalam menyebarluaskan informasi mengenai rangkaian event Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022. ‘’MCI sebagai upaya Kominfo ikut mendukung penyelenggaraan MotoGP di NTB, agar terselenggara dengan baik. Fasilitas itu didedikasikan khusus bagi rekan-rekan jurnalis Indonesia yang tidak terakomodasi akreditasi oleh Dorna Sports selaku promotor MotoGP,’’ kata Septriana.

MCI merupakan hasil kerja sama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku pengelola Sirkuit Mandalika. Lokasinya berada di lapangan parkir utama yang berdekatan dengan paddock Sirkuit Mandalika.

Berdiri di atas lahan seluas 200 meter persegi, MCI akan menjadi fasilitas pendukung bagi para jurnalis peliput MotoGP 2022. ‘’Para jurnalis yang akan meliput di MCI wajib mendaftarkan diri kepada Kominfo, Sub Bagian Humas Polda NTB dan Dinas Kominfotik Provinsi NTB. Kami akan siapkan kartu peliputan khusus untuk keperluan di MCI ini,’’ ujarnya.

Septriana menyatakan untuk mendukung kerja para jurnalis, MCI dilengkapi dengan jaringan internet berkecepatan tinggi 100 Mbps. ‘’Ada juga fasilitas makan-minum, 20 unit laptop, mesin pencetak (printer), televisi, dan kursi refleksi. Ruangan MCI juga dilengkapi enam mesin pendingin ruang,’’ ucapnya.

Septriana menjelaskan, MCI akan beroperasi mulai pukul 08.00 Wita hingga 17.00 Wita. Selama berada di MCI, harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, memakai masker, mencuci tangan, dan tidak berkerumun dalam jumlah besar. ‘’Kami juga mewajibkan rekan-rekan jurnalis untuk mengikuti tes antigen yang kami sediakan di pintu masuk MCI,’’ jelasnya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *