1-15 April, NTB Care Terima 28 Aduan, Cuma 4 yang Selesai Ditindaklanjuti

rapat internal
Suasana rapat internal dalam rangka penguatan koordinasi dan kolaborasi serta kerjasama penyelesaian aduan masyarakat yang masuk ke NTB Care.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Dalam periode 1-15 April 2022, NTB Care menerima aduan sebanyak 28 aduan. Dari 28 aduan tersebut, cuma baru 4 (empat) aduan yang sudah selesai ditindaklanjuti. Sisanya 24 aduan masih dalam proses penyelesaian.

Ketua Tim NTB Care, H Abdul Azis mengatakan bahwa 28 aduan yang diterima NTB Care tersebut berasal dari 10 kabupaten/kota se-NTB dan diteruskan ke berbagai OPD (Organisasi Perangkat Daerah) ruang lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB, seperti Dinas Kesehatan NTB, Dinas Sosial NTB, Dinas PUPR NTB, Dinas Perkim NTB, BPBD NTB, Biro Kesra Setda Provinsi NTB, Disnakertrans NTB, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, serta Dinas LHK NTB.

Abdul Aziz menjelaskan bahwa Tim NTB Care dan Dinas Kesehatan Provinsi NTB terus berikhtiar untuk memastikan seluruh aduan terkait pelayanan kesehatan dapat terfasilitasi dengan baik. Untuk itu, hari ini, Rabu (20/4/2022) Tim NTB Care bersama Dinas Kesehatan Provinsi NTB melakukan rapat internal dalam rangka penguatan koordinasi dan kolaborasi serta kerjasama penyelesaian aduan di NTB Care.

Abdul Aziz mengapresiasi Dinas Kesehatan Provinsi NTB bersama Dinas Kesehatan kabupaten/kota se-NTB yang terus berbenah dan berkoordinasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

‘’Inilah yang memerlukan koordinasi. Kita mohon bantuannya agar koordinasi langsung dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, karena Dinas Kesehatan Provinsi NTB pasti punya link koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota,’’ kata Abdul Aziz yang juga menjabat Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Aparatur, Hukum, Politik dan Pelayanan Publik.

Terkait dengan hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr HL Hamzi Fikri mengatakan bahwa saat ini untuk mempermudah penanganan masalah kesehatan di masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi NTB tengah mendorong Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota agar seluruh masyarakatnya memiliki jaminan kesehatan, sehingga dapat dengan mudah difasilitasi pemerintah.

‘’Jadi, di kesehatan itu sudah ada sistemnya, sesuai prosedur penanganannya. Kita juga sedang mendorong kabupaten/kota agar seluruh masyarakat punya jaminan kesehatan. Nanti akan dipastikan juga ada contact person per Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota bahkan Puskesmas agar semuanya mudah berkoordinasi,’’ kata dr Hamzi Fikri.

NTB Care sendiri merupakan sebuah inisiasi dari Pemprov NTB di bawah kepemimpinan Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dan Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah sebagai kanal aspirasi dan layanan komunikasi dua arah antara Pemimpin dengan seluruh warga NTB.

Berbagai pengaduan dan informasi terkait layanan pemerintahan, pembangunan sosial kemasyarakatan dan sebagainya diterima melalui aplikasi berbasis web dan Facebook Official NTB Care untuk kemudian dikoordinasikan dan diselesaikan oleh pemerintah, mulai dari level provinsi hingga kabupaten/kota sesuai kewenangannya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published.