Asal Patuhi Prokes, Polres Lombok Timur Bebaskan Pemudik yang Melintas

aple gelar pasukan
Suasana apel gelar pasukan operasi ketupat tahun 2022, di Mapolres Lotim, pada Jumat (22/4/2022).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Angin segar bagi calon pemudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah/tahun 2022 ini yang akan melintasi wilayah Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Pasalnya, Kepolisian Resort (Polres) Lombok Timur menerapkan kebijakan arus mudik bebas penyekatan untuk jalur mudik Lebaran 2022. Hal tersebut dilakukan seiring dengan diperbolehkannya kegiatan mudik pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Meski tidak ada penyekatan, Kapolres Lombok Timur (Lotim), AKBP Herman Suriyono mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan (Prokes). ”Kami tidak akan melakukan penyekatan mudik lebaran atau arus balik mudik tahun ini,” kata Kapolres Lotim, AKBP Herman Suriyono saat memimpin apel gelar pasukan operasi Ketupat 2022, di Mapolres Lotim, pada Jumat (22/4/2022).

Lebih lanjut mantan Kapolres Sumbawa Barat itu menegaskan, tidak menutup kemungkinan akan banyak masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik, baik menggunakan kendaraan pribadi jalur darat ataupun udara. Karenanya, ia berharap kepada anggota Polres Lotim serta stakeholders terkait untuk melaksanakan proses hukum secara profesional dan proporsional serta bertindak secara tegas namun humanis ketika berjaga nantinya.

Lebih jauh Kapolres mengimbau kepada aparat yang hadir untuk meningkatkan kesiap-siagaan pengamanan dengan dilakukan body system serta kepekaan dan kewaspadaan. Tidak hanya itu, antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Selain itu, disampaikannya juga agar protokol kesehatan dari masyarakat juga harus diutamakan guna mencegah terjadinya transmisi Covid-19. Mengingat, Lotim mendapatkan penghargaan kategori terbaik dalam kontribusi pencapaian PPKM Level 1 yang perlu dipertahankan. ”Hal itu kita lakukan untuk mencegah terjadinya kasus virus Covid-19, kalau dia mudik dan belum vaksin nanti diarahkan ke gerai terdekat,” ungkapnya.

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat tahun 2022 mengangkat tema ”Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Perayaan Idul Fitri 1442 H”. Apel juga ditandai dengan penyematan pita secara simbolis oleh Kapolres Lotim, AKBP Herman Suriyono kepada masing-masing instansi yang hadir.(Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *