Gubernur NTB Apresiasi Pemkab/Pemkot yang Sigap Tangani Bencana

Bantuan dan Logistik
Pihak BPBD Provinsi NTB dan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi NTB saat membawa bantuan dan logistik untuk disalurkan ke masyarakat terdampak musibah.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab)/Pemerintah Kota (Pemkot) atas kesigapannya dalam menangani bencana.

Mengingat beberapa musibah melanda sejumlah kabupaten/kota di Provinsi NTB dalam beberapa hari terakhir ini. Di antaranya; angin puting beliung di Lombok Tengah (Loteng), serta kebakaran yang terjadi di Bima, Lombok Timur (Lotim), Sumbawa, dan Sumbawa Barat. Sehingga dalam hal ini, Pemerintah Daerah (Pemda) terus melakukan koordinasi dengan para stakeholders terkait guna menangani dan membantu warga yang terdampak bencana tersebut.

”Terima kasih kepada para petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) yang tetap sigap melaksanakan tugas walaupun sedang berlebaran,” kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, di Mataram, pada Selasa (3/5/2022).

Sebelumnya, kanal aduan NTB Care telah menerima sebanyak 4 aduan bencana, yang terdiri dari 3 musibah kebakaran dan 1 bencana angin puting beliung. Kemudian Perangkat Daerah Provinsi NTB untuk dikoordinasikan bersama Pemerintah Daerah terkait agar segera ditangani. ”Mari terus kita jaga kewaspadaan dan hati-hati,” ajak Gubernur.

Kini, musibah-musibah tersebut telah selesai ditangani oleh Pemerintah Daerah bersama dengan BPBD dan Dinas Sosial Provinsi NTB, bantuan dan logistik juga sudah tersalurkan dengan baik.

Norris Satria Putra, salah satu warga yang melaporkan kejadian tersebut pun mengucapkan terima kasih atas kesigapan pemerintah dalam memberikan bantuan. ”Terima kasih Pak Gubernur beserta jajaran Pemerintah Provinsi NTB. Bantuan dari Provinsi NTB melalui BPBD Provinsi NTB telah diterima oleh Panitia Kebakaran Desa Renda, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima kemarin,” ungkapnya.

Adanya kanal aduan seperti NTB Care tentunya memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi dengan pemerintah tanpa harus melewati proses birokrasi. NTB Care sendiri merupakan sebuah inisiasi dari Pemerintah Provinsi NTB di bawah kepemimpinan Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah sebagai kanal aspirasi dan layanan komunikasi dua arah antara Pemimpin dengan seluruh warga NTB.

Berbagai pengaduan dan informasi terkait layanan pemerintahan, pembangunan sosial kemasyarakatan dan sebagainya diterima melalui aplikasi berbasis web dan Facebook Official NTB Care untuk kemudian dikoordinasikan dan diselesaikan oleh pemerintah, mulai dari level provinsi hingga kabupaten/kota sesuai kewenangannya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published.