BRIDA dan LPP NTB Resmi Launching Rumah Bahasa 2022

Launching Rumah Bahasa
Suasana launching Rumah Bahasa tahun 2022 yang digelar oleh BRIDA NTB dan LPP NTB, di Aula Gedung Rumah Bahasa, pada Senin (23/5/2022).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi NTB dan Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB resmi melaunching kegiatan Rumah Bahasa tahun 2022, di Aula Gedung Rumah Bahasa, pada Senin (23/5/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang PSDI BRIDA NTB, Ahmad Muslim; Direktur LPP NTB, Lalu Lauhul Hamdi; dan Kepala Divisi Pelatihan Sumber Daya Manusia LPP NTB, Mahurni.

Program Rumah Bahasa kali ini tidak hanya berfokus pada kelas TOEFL dan IELTS, tetapi juga terdapat kelas General English yang dikhususkan kepada pelaku UMKM dan Pariwisata. Peningkatakan kualitas bahasa asing bagi pelaku UMKM dan Pariwisata diharapkan dapat menunjang kegiatan-kegiatan internasional di NTB nantinya.

Pada program Rumah Bahasa kali ini terdapat sebanyak 450 peserta yang terdiri dari 50 Peserta Kelas IELTS, 250 Kelas TOEFL, dan 150 kelas General English yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di NTB. Sebanyak 450 peserta ini merupakan masyarakat NTB yang telah melalui berbagai proses seleksi, sehingga ditetapkan sebagai peserta Rumah Bahasa tahun 2022.

Sejak pertama kali diselenggarakannya Rumah Bahasa sebagai Program Unggulan dalam Visi Misi NTB Sehat dan Cerdas, tercatat sebanyak 1.860 orang masyarakat NTB yang telah mengikuti kegiatan Rumah Bahasa dan sudah tersertifikasi secara official. Dari data tersebut, tentunya dapat memberikan gambaran peningkatan kualitas SDM masyarakat NTB dari segi penguasaan bahasa asing. Hal ini tentunya sejalan dengan harapan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB.

Ahmad Muslim selaku Kabid PSDI BRIDA NTB menyampaikan harapannya mengenai program Rumah Bahasa NTB. Melalui program ini, alumni Rumah Bahasa yang sudah tersertifikasi tidak hanya terserap di NTB saja, namun juga dapat memberikan kesempatan yang lebih kepada mereka untuk berkarya di luar NTB. Bahkan dapat melanjutkan studi keluar negeri, termasuk terlibat pada event-event internasional yang digelar di NTB.

Selanjutnya, Rumah Bahasa pada gelombang ini akan diselenggarakan selama 3 bulan sejak Mei sampai Juli mendatang. Adapun pada akhir pelatihan, akan diadakan test official untuk seluruh peserta Rumah Bahasa.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *