Paguyuban Sinar Mas dan JMSI Sumsel Gelar Donor Darah

Donor Darah
Suasana kegiatan donor darah yang digelar oleh Paguyuban Sinar Mas bersama JMSI Sumsel dengan menggandeng Dinas Kesehatan dan PMI Kota Palembang di Galeri Smartfren, Jakabaring, pada Kamis (9/6/2022).

PALEMBANG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Paguyuban Sinar Mas bersama Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Sumsel mengadakan layanan kesehatan gratis dan donor darah dengan menggandeng Dinas Kesehatan (Dikes) dan PMI Kota Palembang, di Galeri Smartfren, Jakabaring, pada Kamis (9/6/2022).

Ketua Paguyuban Sinar Mas Sumsel, Iwan Setiawan mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari hipertensi sedunia dan bulan gerakan deteksi dini penyakit tidak menular, juga untuk memperingati hari donor darah sedunia.

‘’Kegiatan sosial seperti ini rutin kami laksanakan. Kami berharap masyarakat Jakabaring dan sekitarnya bisa mendapatkan manfaat dengan adanya cek kesehatan gratis dan donor darah ini,’’ kata Iwan.

Dalam kegiatan tersebut lanjut Iwan, masyarakat bisa melakukan pemeriksaan tinggi badan, berat badan, tensi darah, lingkar perut, gula darah, kolesterol dan pemeriksaan tingkat stress, juga bagi wanita bisa melakukan Test IVA untuk screening kanker serviks dan SADANIS untuk deteksi dini kanker payudara.

Ketua JMSI Sumsel, Agus Harizal mengatakan, dalam kegiatan tersebut juga para pegiat donor tidak hanya semata mendonorkan darah saja. Tetapi juga menjalin komunikasi dan terorganisasi untuk mengajak, mengedukasi dan mensosialisasikan manfaat donor darah kepada masyarakat di lingkungan.

‘’Donor darah ini merupakan wujud kolaborasi yang terjalin baik antar Paguyuban Sinar Mas dan JMSI Sumsel. Kita harapkan kegiatan ini terus mendapatkan antusiasme masyarakat, sehingga hasil donor darah nantinya akan bermanfaat untuk yang membutuhkan,’’ kata Agus.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Fenty Aprina M.Kes menambahkan, darah sangat dibutuhkan sebagian masyarakat untuk transfusi darah. Pihaknya terus mengajak dan mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesadarannya guna mendonorkan darahnya. Sebab, bantuan darah tersebut sangat penting dalam menolong nyawa orang lain. 

‘’Saya mengapresiasi baksi sosial yang digelar Paguyuban Sinar Mas dan JMSI Sumsel. Kegiatan seperti perlu diadakan rutin agar mutu kesehatan warga meningkatkan,’’ katanya.(Sid/jmsi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *