Bupati Lombok Timur Berharap Desa Lain Bisa Seperti Desa Kumbang

HM Sukiman Azmy
Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy saat zoom meeting bersama para Kades dan Camat se-Lotim.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy mengaku bangga atas terpilihnya Desa Kumbang, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menjadi salah satu di antara 10 desa se-Indonesia sebagai desa percontohan antikorupsi. Karenanya, orang nomor satu di Bumi bermotokan Patuh Karya itu berharap agar desa-desa lain di wilayah Lombok Timur juga bisa mencotoh Desa Kumbang.

Ekspresi dan ungkapan rasa bangga mantan serdadu itu dilontarkan saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) secara virtual dengan seluruh kepala desa (Kades) dan camat se-Kabupaten Lombok Timur baru-baru ini. Sehingga dalam kesempatan tersebut, Bupati Sukiman meminta camat setempat melakukan monitoring terhadap perkembangan Desa Kumbang dan memberikan dukungan hingga Desa Kumbang nantinya ditetapkan sebagai desa antikorupsi.

Dalam pekan kedua Juni 2022 sejumlah media lokal (cetak, elektronik maupun online) ramai memberintakan Desa Kumbang, Kecamatan Masbagik yang terpilih dari 23 desa yang ada di 10 Provinsi di Indonesia. Penilaian telah dilakukan sejak Februari lalu. Sebagai desa percontohan, Desa Kumbang dan desa lainnya akan melalui empat tahapan.

Dijelaskan, setelah melalui observasi, masyarakat di setiap desa percontohan antikorupsi ini akan mengikuti bimbingan teknis (bimtek). Di Desa Kumbang sendiri, bimtek sedang berlangsung mulai Senin (13/6/2022). Bimtek dimaksudkan memberikan pengetahuan dan pemahaman upaya dan langkah-langkah yang dilakukan guna pemenuhan komponen dan indikator desa antikorupsi.

Desa antikorupsi harus memenuhi lima komponen dan 18 sub indikator. Lima komponen tersebut meliputi penguatan tata laksana, penguatan pengawasan, kualitas pelayanan publik, partisipasi publik, dan kearifan lokal.

Program desa antikorupsi merupakan kerja sama KPK RI dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) guna menekan potensi tindak pidana korupsi dalam pengelolaan dana desa. Karena itu, salah satu materi bimtek terkait dengan dana desa.

Semenjak dinyatakan masuk nominasi sebagai desa percontohan antikorupsi, aparatur desa yang berada di wilayah Kecamatan Masbagik ini disibukkan dengan kebanjiran menerima kunjungan dari berbagai daerah yang datang melakukan Kaji Tiru. Tanggal 6/6/2022 lalu, rombongan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat membawa para kepala desanya untuk belajar sistem keterbukaan publik dan transfaransi.

Menyusul hari Selasa (14/6/2022), sebanyak 70 kepala desa dari Kabupaten Batu Engau, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) juga melakukan studi banding ke Desa Kumbang. Setali tiga uang dengan Pemkab Padang Pariaman, Sumatera Barat, desa-desa dari kabupaten yang akan menjadi pusat IKN itu datang mempelajari manajemen Pemerintahan Desa, sehingga mendapatkan penghargaan sebagai desa bebas korupsi.(Kml)

Response (1)

  1. Assalamualaikum, Selamat Pagi
    Disini saya sampaikan Kami masyarakat Desa Pijot Utara Sudah Lelah Dengan Jalan Yang Tak Kunjung diperbaiki seperti janji janjinya Bupati Sukiman sebelum terpilih, Tolong Liput jalan jurusan Pijot rensing tepatnya di Desa Pijot utara yg sudah lebur di lalui, sampai kapan kami lewati jaln yg sangat rusak, tolong diliput atau kami sebarkan nanti di media sosial hasil karya bupati lombok timur yg tak kunjung diperbaiki
    Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.