Obsesi Pemkab Lombok Timur Mengejar Mimpi Jadi Eksportir Sorgum

Kadistan dan Sorgum
Kadis Pertanian Lombok Timur (Kadistan Lotim), Sahri (baju putih) saat menerima tim pusat untuk membahas pengembangan Sorgum (foto kiri) dan Sorgum atau Leleng (foto kanan).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Pemkab Lotim) melalui Dinas Pertanian (Distan) mulai tahun 2022 ini tengah berjuang menggalakkan petani untuk mengembangkan tanaman Sorgum atau lebih populer disebut Leleng. Hal itu diterangkan Kadis Pertanian Lombok Timur (Kadistan Lotim), Sahri, di Selong, pada Senin (25/7/2022).

Sahri menerangkan, dari ide Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy, uji coba pengembangan tanaman multi olahan ini, dimulai pada lahan seluas 500 hektare yang tersebar pada 5 kecamatan yakni Kecamatan Jerowaru, Aikmel, Pringgabaya, Suela, dan Sambelia. ”Areal pengembangan Sorgum Lombok Timur menjadi areal terluas se-Indonesia,” kata Sahri.

Mantan Kadis Perkim Lombok Timur itu meyakini, uji coba pengembangan Sorgum ini akan banyak diminati petani setelah melihat hasil permulaan. Dan dia optimis tanaman Palawija masyarakat Lombok Timur akan banyak beralih ke Sorgum yang memiliki banyak keunggulan.

Dijabarkan, keunggulan menanam Sorgum selain cocok untuk alternatif pengganti nasi, juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, termasuk untuk bahan biskuit. Batangnya, sangat bagus untuk pakan ternak terutama sapi. Juga kelebihan tanaman Sorgum dapat menetralkan PH tanah.

Sahri yang baru beberapa bulan menduduki jabatan Kadis Pertanian ini memaparkan bahwa tanaman Sorgum bukan tanaman yang ribet. Jenis tanaman ini adalah tanaman yang sangat enteng, tidak membutuhkan biaya tinggi, namun bisa memberi hasil yang cukup menjanjikan. Pengairannya pun cukup hanya dibasahi dengan air embun.

Untuk pemasarannya, pihak Distan telah membangun koneksi dengan beberapa offtacker. Saat ini katanya, dibutuhkan 100 ton per bulan untuk eksport ke luar negeri. Tak hanya itu, baru-baru ini areal tanaman Sorgum di Lombok Timur telah ditinjau langsung oleh pihak Kementerian Pertanian (Kementan).

Direncanakan tahun 2023 mendatang, Lombok Timur akan mendapat anggaran dari pusat melalui APBN untuk menjadikan Lombok Timur sebagai lumbung produksi Sorgum nasional.(Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *