Kapolres Lombok Timur yang Baru Sambangi Polsek Jerowaru

Kapolres Lotim silaturrahim
Kapolres Lotim yang baru, AKB Hery Indra Cahyono saat silaturrahmi dengan seluruh elemen Pemerintah Kecamatan Jeruwaru, Pemerintah Desa se-Kecamatan Jerowaru, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan berbagai unsur pengendali keamanan berbasis swakarsa seperti BKD termasuk Danramil Keruak-Jerowaru, Kapten Inf Lalu Agus MY bersama seluruh Babinsa.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kapolres Lombok Timur (Lotim) yang baru, AKB Hery Indra Cahyono, SIK didampingi Kabag SDM dan Kabag Binmas, pada Rabu (27/7/2022) menyambangi jajarannya. Dalam kesempatan pertama, Hery yang masih kurang dua bulan memegang tongkat komando di jajaran Polres Lotim itu mendatangi Polsek Jerowaru.

Kunjungan kerja bertajuk silaturrahmi, Hery bertemu dengan seluruh elemen Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa se-Kecamatan Jerowaru, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan berbagai unsur pengendali keamanan berbasis swakarsa seperti BKD termasuk Danramil Keruak-Jerowaru, Kapten Inf Lalu Agus MY bersama seluruh Babinsa.

Kapolsek Jerowaru, IPDA Yudha Aditya Warman, SH dalam kata penerimaannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Kapolres Lotim. ”Selamat datang komandan di wilayah paling selatan di Kabupaten Lombok Timur dengan jumlah desa 15 dan 153 kekadusan,” kata Kapolsek Jeruwaru, IPDA Yudha Aditya Warman.

Kapolsek melaporkan situasi Kamtibmas 3 bulan terakhir masih kondusif, namun saat ini ada 2 (dua) kejadian menonjol yakni kasus Curas (pencurian dengan kekerasan) dan pembunuhan. Dia juga melaporkan ada aset Polri sekitar 2 (dua) hektare yang sebelumnya pernah dipermasalahkan, namun sudah dapat diselesaikan.

Karena belum lama bertugas di wilayah yang memiliki perbatasan dengan Kabupaten Lombok Tengah bagian selatan ini, Kapolsek mengharapkan kepada Kapolres untuk memberikan arahan dan petunjuk guna terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif seraya menyampaikan permohonan maaf apabila ada sambutan yang kurang maksimal.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Jerowaru, Lalu Kamaruddin juga melalui sambutannya mengharap kepada Kapolres untuk memberikan arahan dan petunjuk. ”Atas nama Pemerintah Kecamatan Jerowaru kami mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kapolres,” kata Camat.

Mantan Camat Keruak itu menyampaikan, pihaknya bersama Satpol PP berkoordinasi dengan Polsek dan Koramil senantiasa terjun menyambangi masyarakat demi menjaga Kamtibmas yang aman dan kondusif dengan pendekatan persuasif dan humanis.

Kapolres Lotim, AKB Hery Indra Cahyono dalam arahannya mengamanatkan bahwa secara umum Lombok Timur tak terkecuali wilayah Jerowaru baru saja terlepas dari Pandemi Covid-19. Selain itu, sekarang ini masih dilanda wabah PMK, tentunya hal tersebut menjadi tanggung jawab secara bersama-sama.

Terkait dengan kejadian kriminalitas di wilayah ini, Kapolres mengingatkan pihaknya tengah berjuang mengendalikan situasi. Karenanya, dia berpesan untuk tidak perlu khawatir. ”Kami tengah berupaya mempersempit kejadian tindak pidana, tentunya dengan bersinergi bersama Kepala Desa, Babinsa dan BKTM yang dibantu dengan BKD. Namun demikian, patroli bersama tetap ditingkatkan,” pesannya.

Acara diakhiri dengan dialog seluruh hadirin dengan Kapolres. Salah satu yang menarik, usul dari Kepala Desa (Kades) Seriwe Udayana. Kepada Kapolres, Kades Seriwe Udayana mengusulkan agar BKD dapat diberi insentif yang layak demi semangat menjaga Kamtibmas.

Atas usulan tersebut, Kapolres berjanji akan mengkomunikasikan kepada Sekda Lombok Timur. Terkait hal ini, Camat Jerowaru juga memberikan tanggapan bahwa anggaran untuk insentif BKD sudah ada, namun masih terkendala dengan penggunaan anggaran Covid-19 dan Insya Allah akan segera terealisasi.(Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *