Oktober 2022, Berlangsung Kongres Nasional Partai Komunis Tiongkok ke-20

Zoom meeting
Suasana konferensi pers via zoom meeting dengan Konjen RRT di Denpasar, Zhu Xinglong, pada Senin (26/9/2022).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kongres Nasional Partai Komunis Tiongkok diadakan setiap lima tahun. Nah, Kongres ke-20 yang akan berlangsung pada Oktober 2022 ini, memikul kepercayaan besar dari 95 juta lebih anggota partai dan dari 4,8 juta lebih organisasi partai yang menanggung harapan besar anggota partai dan rakyat Tiongkok.

Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (Konjen RRT) di Denpasar, Zhu Xinglong mengatakan tugas para perwakilan partai pada kongres ini akan fokus pada perancangan tugas-tugas strategis dan inisiatif-inisiatif besar dalam lima tahun ke depan.

Ini adalah pertemuan penting yang diadakan ketika Tiongkok telah memasuki perjalanan baru untuk mewujudkan tujuan pembangunan 100 tahun sejak berdirinya RRT, yaitu menjadikan Tiongkok sebagai negara sosialis modern secara komprehensif pada pertengahan abad ke-21.

Dan yang bisa dipastikan, kata Zhu Xinglong, yaitu diselenggarakannya Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis Tiongkok, akan memperkuat komitmen Tiongkok untuk lebih terbuka terhadap dunia dan membangun komunitas senasib sepenanggungan bagi umat manusia.

Tentu saja juga akan memberi dampak dan dorongan positif bagi perkembangan hubungan Tiongkok – Indonesia.

‘’Kami mengajak teman-teman media di Bali, NTB dan NTT juga mengikuti dan meliput event ini,’’ kata Konjen RRT di Denpasar,  Zhu Xinglong kepada wartawan saat konferensi pers via zoom meeting, pada Senin (26/9/2022).

KTT G20 Indonesia

Konjen RRT di Denpasar, Zhu Xinglong menjelaskan bahwa Tiongkok telah menyatakan dukungannya yang kuat kepada Indonesia sebagai tuan rumah G20 2022 dalam banyak kesempatan.

‘’Kami apresiasi tema G20 yang diusung Indonesia yaitu ‘’Recover Together, Recover Stronger’’ dan bersedia bekerja sama dengan Indonesia untuk memberikan kontribusi yang lebih besar guna pemulihan ekonomi dan perbaikan tata kelola global,’’ katanya.

Sebagai tuan rumah KTT G20, Bali telah sukses menyelenggarakan acara-acara penting seperti Pertemuan Menteri Luar Negeri dan Joint Environment and Climate Ministers’ Meeting.

Delegasi Tiongkok pada serangkaian kegiatan G20 tersebut diterima dengan hangat. ‘’Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih yang tulus,’’ ucapnya.

Konjen RTT di Denpasar, Zhu Xinglong menyampaikan bila baru-baru ini telah memberikan bantuan materi kepada Dinas Kesehatan, BPBD dan rumah sakit rujukan yang ada di Bali, sebagai bentuk dukungan terhadap upaya persiapan Bali untuk KTT G20 mendatang.

‘’Kami bersedia untuk terus memperkuat komunikasi dan koordinasi dengan pihak Bali demi menjamin kelancaran kunjungan rombongan pemimpin Tiongkok dan kesuksesan KTT G20 di Bali,’’ ungkapnya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *