Hj Niken Harapkan Pengembangan PAUD di Lombok Utara yang Holistik dan Integratif

PAUD
Bunda PAUD NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati dan Kadis Dikbud NTB, H Aidy Furqan foto bersama dengan Bunda PAUD Kabupaten Lombok Utara (KLU) beserta anak-anak PAUD.

LOMBOK UTARA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Bunda PAUD Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati berharap kepada 11 Bunda PAUD di Kabupaten Lombok Utara (KLU) untuk terus mensosialisasikan mengenai sasaran pengelolaan dan pengembangan PAUD saat ini, yaitu penyelenggaraan PAUD yang holistik dan integratif.

“Saat ini sasaran kita dalam pengelolaan PAUD adalah penyelenggaraan PAUD yang holistik dan integratif,” kata Bunda PAUD Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati saat silaturrahim dengan 11 Bunda PAUD dari 5 (lima) kecamatan se-Kabupaten Lombok Utara (KLU), pada Selasa (4/10/2022).

Hj Niken menjelaskan holistik integratif artinya terintergrasi dengan beberapa layanan. Di mana, ada 5 layanan yaitu layanan pendidikan, kesehatan, pengasuhan, perlindungan/keamanan dan kesejahteraan.

Jadi, lanjut Hj Niken, Bunda PAUD itu harus tahu dan hafal ini, karena Bunda PAUD yang akan menerapkan di wilayah masing-masing, kelilingi PAUD di desanya dan sampaikan tentang PAUD holistik integratif ini.

Hj Niken selaku Bunda PAUD NTB mengaku senang bisa menyapa sekaligus bersilaturrahmi dengan 11 Bunda PAUD dari 5 kecamatan se-KLU. Mengingat pentingnya peran Bunda PAUD di NTB itu, tak lain untuk membantu meningkatkan kualitas dan membantu PAUD yang ada di wilayah masing-masing.

“Menjadi Bunda PAUD adalah sebuah amanah, sebuah tugas untuk memberikan perhatian kepada PAUD yang ada di wilayah masing-masing untuk meningkatkan kualitas PAUD dan membantu PAUD yang ada di wilayah masing-masing. Juga untuk memastikan anak-anak yang berada di masa golden age-nya, di masa-masa utama perkembangannya bisa mendapatkan layanan yang sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, H Aidy Furqan menjelaskan, pentingnya pola mendidik anak yang benar agar ke depannya anak-anak yang berada di masa emas dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

“Yang saya ingin sampaikan dalam pola mendidik anak di usia ini yaitu, pertama lihat dari kecakapan anak sehingga nanti akan kelihatan potensi belajarnya, serius atau kreatif. Kedua, saya ingin mengingatkan Bunda PAUD dan Ibu Guru bahwa pada usia ini anak-anak butuh model untuk dicontoh. Ketiga, pada usia anak TK diperlukan keterlibatan orang tua dengan sungguh-sungguh. Itu semua diperlukan untuk membangun rasa percaya diri dan semangat anak-anak kita,” kata Aidy Furqan.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *