JMSI NTB Jalin Kerja Sama dengan Bawaslu dan KPU

MoU JMSI NTB dengan Bawaslu NTB
Pengurus JMSI NTB dan Komisioner Bawaslu NTB saat mememperlihatkan Nota Kesepahaman Kerja Sama yang telah ditandatangani di sela-sela acara Workshop Jurnalistik JMSI NTB, di Hotel Lombok Plaza Mataram, pada Senin (5/12/2022).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pengurus Daerah (Pengda) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provisi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjalin kerja sama Sosialisasi Pemilu 2024 dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi NTB dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB.

‘’Kerja sama dengan Bawaslu NTB ini sudah diacarakan di depan Ketua Plt Dewan Pers, M Agung Dharmajaya dan Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, di sela-sela acara Workshop Jurnalistik JMSI NTB, pada hari Senin, 5 Desember 2022, di Hotel Lombok Plaza Mataram,’’ kata Wakil Ketua JMSI NTB, Fajar Rachmat.

Alhamdulillah, prosesi nota kesepahaman tersebut dari Bawaslu NTB diwakili oleh salah seorang Komisioner Bawaslu, dalam hal ini Anggota Bawaslu Provinsi NTB-Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi (PP Datin), Suhardi yang dikenal dekat dengan wartawan.

‘’Sebelumnya sudah ada pembicaraan antara Ketua Bawaslu NTB, Bapak Itratip dengan Bapak Ikliluddin (Bendahara JMSI NTB) dan Bapak H Rudi Hidayat (Wabendum PP JMSI). Dilanjutkan pembicaraan teknis dengan Komisioner Bawslu NTB, Bapak Hasan dengan H Rudi Hidayat (Wabendum PP JMSI),’’ ujarnya.

Anggota Bawaslu Provinsi NTB-Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi (PP Datin), Suhardi mengharapkan kerja sama JMSI NTB dan Bawaslu NTB ini nanti diformulasikan lebih detil. ‘’Kita ketahui bersama bahwa JMSI NTB ini banyak mengadaan kegiatan yang berkaitan dengan jurnalistik dan kegiatan sosial lain,’’ kata Suhardi.

Sementara pada Kamis (8/12/2022), bertempat di ruang Ketua KPU Provinsi NTB, Suhardi Soud juga disepakati kerja sama dengan JMSI NTB terkait nota kesepahaman Sosialisasi Pemilu 2024 seperti yang sudah dilakukan oleh KPU RI dan PP JMSI.

Ketua KPU Provinsi NTB, Suhardi Suod yang didampingi Komisioner KPU NTB, Zuriati menyambut baik kerja sama yang akan dilaksanakan. Dengan adanya kerja sama nantinya, setiap tahapan Pemilu 2024 mendatang akan tersosialisasi dengan baik dan lengkap. Sehingga masyarakat mengetahui tahapan Pemilu 2024 tersebut secara utuh, lengkap dan cepat.

Kerja sama ini di intern KPU juga akan dibahas mendalam, mengingat Sekretaris KPU NTB dan salah seorang Komisioner KPU NTB, Agus Hilman saat ini masih berada di luar daerah.

Bendahara JMSI NTB, Ikliluddin mengatakan bahwa media anggota JMSI NTB tersebar di seluruh kabupaten/kota se-NTB. ‘’Seperti yang ikut dalam pertemuan ini ada dari Dompu, Bima, Lombok Utara, Lobar, Mataram, Lotim dan lain-lain,’’ kata Ikliluddin.

Ditanya soal Dapil, Ketua KPU NTB, Suhardi Soud bersama Komisioner KPU NTB, Zuriati bercerita banyak tentang Dapil dan demo yang ada di Bima.

Pertemuan yang berlangsung hampir satu jam itu, terasa akrab dan hangat. Demikian juga tentang verifikasi Parpol dan tugas yang diemban KPU NTB beserta jajarannya sampai ke bawah. Hasil verifikasi tersebut akan disidangkan dan dilaporkan ke KPU RI.

Menyinggung tentang pendaftaran calon anggota DPD RI, pendaftaran Caleg DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, itu semua sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan. Diharapkan JMSI NTB nanti juga menjadi salah satu pilar demokrasi untuk mengawal Pemilu 2024.(Sid/jmsi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *