Kenalkan NTB ke Pasar Potensial Amerika Latin dan Karibia Melalui INA-LAC 2023

Road to INA-LAC
Suasana foto bersama di sela-sela jamuan malam pada acara Road to INA-LAC di Pendopo Gubernur NTB.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) sukses menyelenggarakan Road to Indonesia—Latin America and the Caribbean (INA-LAC) 2023. INA-LAC merupakan sebuah acara yang bertujuan untuk mempromosikan potensi perdagangan, pariwisata, dan investasi NTB kepada negara-negara Amerika Latin dan Karibia (Amlatkar) yang menarik.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, HL Gita Ariadi mengahadiri puncak acara yakni jamuan makan malam yang juga dihadiri oleh perwakilan dari tujuh negara Amlatkar, seperti Kuba, Suriname, Ekuador, Venezuela, Guatemala, dan Meksiko.

‘’Acara ini bertujuan untuk meningkatkan promosi potensi ekonomi, pariwisata dan produk UMKM di Provinsi NTB. Menjajaki peluang investasi dan kerja sama Pemprov NTB dengan negara-negara di kawasan Amerika Latin,’’ kata Sekda NTB, HL Gita Ariadi, di Pendopo Gubernur NTB, pada Rabu malam (21/6/2023).

Road to INA-LAC sendiri sebelumnya dimulai dengan diskusi energi terbarukan bersama Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) NTB, yang mengungkap sektor energi surya, angin, dan biomassa di NTB sebagai potensi yang menjanjikan. NTB memiliki peluang besar untuk menjalin kerja sama dengan Uruguay, Argentina, dan Brazil dalam bidang ini di masa depan.

Selanjutnya, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) bergabung dalam dialog untuk menjajaki kerja sama pengembangan energi terbarukan dengan universitas di Uruguay dan negara-negara Amlatkar lainnya. UTS juga memberikan informasi tentang program beasiswa internasional yang mereka tawarkan kep​ada mahasiswa asing, dan meminta dukungan Kemenlu dan Perwakilan RI dalam mempromosikan informasi beasiswa tersebut.

Di hari kedua, Kemenlu memaparkan konsep Forum Bisnis​​ INA-LAC 2023 di sela-sela Focus Group Discussion on INA-LAC Business Forum 2023. Kegiatan ini juga dimanfaatkan untuk menjaring pandangan dan masukan dari masing-masing perwakilan negara-negara Amlatkar terhadap pelaksanaan Forum Bisnis INA-LAC.

Selain itu, Road to INA-LAC ini juga melibatkan serangkaian kegiatan menarik, termasuk seminar promosi Provinsi NTB, pengenalan platform digital INA-ACCESS kepada UMKM NTB, dan kunjungan ke destinasi pariwisata menarik seperti Desa Sade dan Sirkuit Mandalika.

Seminar promosi Provinsi NTB melibatkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pariwisata, Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian, Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan, BRIDA, Bank Indonesia, Bank NTB Syariah, Kamar Dagang dan Industri NTB, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, dan Asosiasi Tour dan Agensi Perjalanan Indonesia.

Kemudian pada sesi selanjutnya, Kemenlu memperkenalkan Forum Bisnis INA-LAC 2023 dan platform digital INA-ACCESS kepada UMKM NTB. Malam harinya, perwakilan negara-negara Amlatkar disuguhkan booth UMKM serta coffee and local culinary tasting.

Sementara itu, pada hari terakhir, Kemenlu mempromosikan pariwisata budaya melalui kunjungan ke Desa Sade, proyek investasi yang clean and clear melalui pertemuan dengan ITDC, dan diakhiri dengan pariwisata eco-sport melalui kunjungan ke Sirkuit Mandalika. Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif bagi Pemerintah Daerah NTB dan perwakilan negara-negara Amlatkar, sehingga mereka dapat mengoptimalkan peluang kerja sama yang saling menguntungkan bagi semua pihak.(smr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *