Santri Dukung Ganjar Gotong Royong Lanjutkan Pembangunan Rumah Penghafal Al-Quran Terdampak Gempa di NTB

Gotong Royong Bangun Tahfidz
Suasana kegiatan gotong royong membangun aula rumah tahfidz atau penghafal Al-Quran di Ponpes Nurul Yaaqin At Tanwir, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.

LOMBOK BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Nusa Tenggara Barat (NTB), gotong royong bersama santri dan warga membangun aula rumah tahfidz atau penghafal Al-Quran di Pondok Pesantren Nurul Yaaqin At Tanwir, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.

Koordinator Wilayah Santri Dukung Ganjar NTB, Hairul Fahri mengatakan, pembangunan aula rumah tahfidz Ponpes itu untuk menunjang aktivitas sehari-hari para santri penghafal Al-Quran.

Fahri menjelaskan, pihak Ponpes awal menggagas aula tersebut pada 2018 silam. Namun, akibat gempa bumi bermagnitudo 7,0 yang mengguncang Lombok pada tahun itu, membuat rencana pembangunan terhenti.

Pihak Santri Dukung Ganjar NTB pun berkomitmen membantu melanjutkan pembangunan tersebut. ”Hari ini kami melakukan gotong royong untuk membangun aula tahfidz sebagai tempat anak-anak melakukan pengajian. Dari informasi, aula rumah tahfidz ini sejak 2018 terdampak gempa, sehingga ini kami bantu,” jelas Fahri di lokasi, Rabu (13/9/2023).

Sebelum gotong royong, para pendukung Calon Presiden 2024 Ganjar Pranowo itu terlebih dahulu menyalurkan bahan-bahan material yang akan digunakan dalam pembangunan rumah tahfidz itu.

Adapun bantuan bahan-bahan material yang diberikan Santri Dukung Ganjar NTB untuk pembangunan Ponpes tersebut yakni pasir, semen, rangka baja, genteng dan resplang.

Fahri menyampaikan, setelah pembangunan rumah tahfidz Ponpes Nurul Yaaqin At Tanwir rampung, para santri dapat lebih semangat lagi dalam mendalami dan mengkaji Al-Quran.

”Harapannya tentu setelah aula ini dan gotong royong terlaksana, kemudian aula ini bisa dimanfaatkan sepenuhnya oleh Pondok Pesantren dan santri untuk menimba ilmu dan menyetorkan hafalannya,” ucap Fahri.

Tak hanya itu, Fahri menyebut bantuan pembangunan aula tahfidz Ponpes Nurul Yaaqin At Tanwir juga sebagai cerminan kepedulian Ganjar Pranowo kepada pesantren.

Selain itu, Santri Dukung Ganjar juga mewujudkan program peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) bangsa Indonesia yang terus digalakkan Ganjar Pranowo.

”Ini adalah bentuk kepedulian Pak Ganjar Pranowo terhadap pembangunan di pondok pesantren dan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia,” ujar Fahri.

Ahmadi, warga sekitar Ponpes Nurul Yaaqin At Tanwir turut merasakan kemajuan Ponpes dari bantuan Santri Dukung Ganjar NTB. Warga juga antusias atas pembangunan tersebut.

Ahmadi mengatakan, banyak orang tua yang ingin memasukkan anak-anaknya ke Ponpes, khususnya untuk menjadi penghafal Al-Quran.

”Alhamdulillah banyak sekali pendukung Pak Ganjar di sini dan Alhamdulillah rumah tahfidz ini sudah maju dari sebelum-sebelumnya. Alhamdulillah kita di sini bekerja sama untuk membesarkan rumah tahfidz ini,” kata Ahmadi.

“Alhamdulillah sangat antusias sekali para wali-wali santri di sini untuk mendukung anaknya menjadi penghafal Al-Quran,” sambungnya.(Sid)