Ekspresi Haru Pj Bupati Lombok Timur di Momen Sumpah Pemuda Tak Terbendung

Apel Hari Sumpah Pemuda
Suasana upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023, di halaman kantor Bupati Lotim.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 tingkat Kabupaten Lombok Timur berlangsung khidmat. Apel diikuti berbagai organisasi pemuda, ASN, dan TNI/Polri. Apel yang berlangsung di halaman kantor Bupati Lotim tersebut, dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Juaini Taofik.

Selain tampak dari ekspresinya, Pj Bupati mengaku terharu selama pelaksanaan upacara tersebut, utamanya menyaksikan kehadiran para pemuda yang mengenakan berbagai pakaian adat Nusantara. Para pemuda yang berdiri bergandengan membentuk rantai panjang tersebut dilihatnya sebagai representasi keberagaman yang diikat oleh tanah air, bangsa dan bahasa Indonesia.

Juaini Taofik membayangkan suasana 95 tahun lalu ketika para pemuda memantapkan ikrar sebagai bangsa Indonesia yang menerbitkan pula perasaan kagum dan bangga. Berdiri dalam semangat ikrar sumpah “Berbangsa, Bernegara dan Berbahasa Satu” Indonesia.

Pj Bupati selanjutya membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olaharaga Ario Bimo Nandito Ariotedjo yang menyampaikan bahwa tema peringatan Sumpah Pemuda ke-95 “Bersama Majukan Indonesia” beserta logonya bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna–warni, keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas itu disebutnya merupakan sumber kekuatan memajukan Indonesia.

Seiring terbukanya ruang bagi pemuda dalam upaya mewujudkan cita-cita dan tujuan bangsa, maka setiap pemuda diharapkan memiliki visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh menurut Menpora adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor.

Kerja kolaboratif sesuai amanah Undang-Undang No.40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan selaras dengan Perpres No.43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan.

Ia menambahkan, agar implementasi koordinasi lintas sektor efektif menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), maka pada momen Hari Sumpah Pemuda tersebut dicanangkan kebulatan tekad semua stakeholders, baik Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Organisasi Kepemudaan, Komunitas serta elemen–elemen lain.

Terlebih saat ini Indonesia tengah berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoaks, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya.

Pada penutup amanatnya, Menpora mengajak menjadikan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi memajukan negeri.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ditutup dengan penyerahan sejumlah penghargaan kepada para pemuda berprestasi Lombok Timur oleh Pj Bupati dan Pj Sekda Lombok Timur.(Kml)