Jelang Masa Kampanye, Irjen Kemendagri Minta Pemda Waspadai Kenaikan Harga Sembako

Rakor Pengendalian Inflasi Daerah
Suasana Rakor Pengendalian Inflasi Daerah yang dilakukan Irjen Kemendagri secara virtual, Senin (23/10/2023).

JAKARTA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tomsi Tohir meminta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mewaspadai kenaikan harga sembako (sembilan bahan pokok) menjelang masa kampanye pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) yang akan berlangsung pada November-Desember mendatang.

Pasalnya, pada periode tersebut, harga bahan pokok biasanya akan mengalami kenaikan. “Kita harus mengantisipasi ke depan di bulan November-Desember, berkaitan dengan adanya kampanye, biasanya kebutuhan sembako itu meningkat. Di hari-hari biasa saja, saat ini kenaikan sudah sangat signifikan. Oleh sebab itu, segera lakukan upaya persiapan, mumpung masih ada waktu,” kata Tomsi pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual, Senin (23/10/2023).

Khusus untuk pengendalian inflasi daerah, Tomsi juga meminta kepala daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) agar melakukan berbagai upaya pengendalian. Karena menurut Tomsi, inflasi yang tinggi dapat menurunkan tingkat kesejahteraan dan daya beli masyarakat.

Selain itu, dikhawatirkan dapat mengancam perekonomian negara dan merusak tatanan struktur ekonomi. “Saya minta rekan-rekan kepala daerah dan Forkopimda untuk memahami posisi daerah masing-masing dan dapat melakukan upaya yang lebih baik lagi,” pintanya.(Sid)