Mulai 2024, IAIH Pancor Adakan KKN Lintas Negara

Dr Hayyi Akrom
Wakil Rektor III IAIH, Dr Hayyi Akrom.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) NWDI Pancor mulai tahun 2024 ini akan mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) lintas negara. Negara pertama yang akan menjadi tujuan KKN adalah negara gajah putih, Thailand.

Wakil Rektor III IAIH, Dr Hayyi Akrom menjelaskan, pemberangkatan pertama akan dilaksanakan pada Januari 2024 ini atau paling lambat awal Februari 2024 mendatang.

Mahasiswa yang akan diberangkatkan pertama sebanyak 2 kelompok yang terdiri dari 8 orang per kelompoknya. Adapun mengenai pembiayaan sudah ditanggung oleh kampus alias gratis.

‘’Mahasiswa yang akan diberangkatkan ini diambil dari semua prodi (program studi) dengan persyaratan yang ketat. Penilainnya dilihat dari keilmuannya, aspek penguasaan Islam, dan pemahaman keaswajaannya,’’ jelas Hayyi Akrom saat ditemui di ruang kerjanya, pada Rabu (3/1/2024).

KKN yang akan berlangsung selama satu bulan itu, juga untuk pengenalan dan pengayaan ilmu keislaman. Makanya lokasi tujuannya adalah di provinsi yang mayoritas penduduknya muslim, yakni di Provinsi Patani, Thailand Selatan.

Tujuan lainnya, KKN lintas negara ini diadakan adalah sebagai ajang penggalian ilmu dan pengalaman yang berbeda bagi mahasiswa. Juga sebagai upaya untuk mempelajari kecanggihan teknologi di negara lain.

KKN lintas negara ini juga disebut sebagai ajang promosi kampus di dalam maupun luar negeri. Dengan konsep yang lebih luas yakni sebagai ajang dakwah, ke depannya masyarakat yang ada di sana tertarik untuk memasukkan anaknya menimba ilmu di IAIH Pancor.

Sementara untuk persiapan bahasa, mahasiswa yang akan diberangkatkan itu akan diberikan dasar yakni pengantar bahasa Thailand yang akan dipandu oleh dua mahasiswa Thailand yang kuliah di IAIH NWDI Pancor.(Kml/Hrd)