Pelatihan Safety Riding Astra Motor NTB Membangun Generasi Berkendara Aman

Safety Riding_Astra Motor NTB
Suasana pelatihan safety riding yang digelar Astra Motor NTB bekerjasama dengan pihak Polsek Kuripan di SMAN 1 Kuripan dalam membangun generasi berkendara aman.

LOMBOK BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Sebagai bagian dari komitmen terhadap keselamatan berkendara, Astra Motor Nusa Tenggara Barat (NTB) berkolaborasi dengan Polsek Kuripan untuk mengadakan pelatihan safety riding di SMAN 1 Kuripan.

Acara yang diikuti oleh 76 siswa itu, diadakan di Aula sekolah setempat dengan menghadirkan IPTU Fahrizal Eko Suryanto selaku Kapolsek Kuripan dan Satria Wiman Jaya selaku instruktur safety riding dari Astra Motor NTB.

Pelatihan ini difokuskan pada pengenalan awal dan praktik langsung berkendara yang aman menggunakan motor Honda Vario 160. Para peserta diberikan materi mengenai pre-ride checks—prosedur yang penting untuk memastikan keamanan sebelum berkendara serta teknik dasar mengendalikan kendaraan dengan aman.

IPTU Fahrizal Eko Suryanto menyampaikan pentingnya pemahaman mengenai keselamatan di jalan. ‘’Kegiatan ini bukan hanya tentang bagaimana mengendarai motor, tetapi bagaimana menjadi pengendara yang bertanggung jawab dan sadar akan keselamatan diri sendiri serta pengguna jalan lain,’’ kata Fahrizal.

Satria Wiman Jaya selaku instruktur safety riding Astra Motor NTB menambahkan, pihaknya berupaya menyediakan simulasi dan praktik nyata yang membantu peserta memahami situasi di jalan secara lebih baik. Ini adalah dasar yang penting untuk membentuk perilaku berkendara yang aman dari usia dini.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Kuripan, H Ismail yang turut hadir dalam acara tersebut mengapresiasi inisiatif ini sebagai langkah vital dalam edukasi keselamatan bagi para siswa. ‘’Kami sangat mendukung program ini dan berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan demi keselamatan berkendara para pelajar,’’ katanya.

Acara ini tidak hanya diharapkan meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara di kalangan pelajar, tetapi juga memperkuat kerja sama antara institusi pendidikan, kepolisian, dan industri otomotif dalam mewujudkan lingkungan yang lebih aman bagi semua.(Sid)