Persiapan Pilkada Lotim 2024, Sebanyak 105 Anggota PPK Dilantik

Pelantikan PPK
Suasana pelantikan sebanyak 105 Anggota PPK, di Pendopo Bupati Lotim, Kamis (16/5/2024).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Selain menyampaikan selamat atas pelantikan dan pengambilan sumpah/janji kepada 105 anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK), Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Juaini Taofik berharap kepada PPK untuk dapat melaksanakan fakta integritas dan sumpah janji yang sudah diucapkan.

Kendati demikian, Juaini Taofik mengakui integritas mudah dijanjikan namun berat untuk ditunaikan, akan tetapi dapat diupayakan. Ia pun menekankan makna integritas. ‘’Ada tidak ada tekanan, ada tidak ada orang mengawasi selama berintegritas sama cara kita patuh menjalankan aturan yang ada terhadap etik yang ada,’’ ungkapnya.

Walauapun hanya delapan bulan menjalankan tugas, Pj Bupati mengingatkan pentingnya peran PPK dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lotim 2024 mendatang untuk menentukan masa depan, khususnya Lombok Timur untuk lima tahun ke depan. Ia menyebut Pilkada Lotim 2024 sebagai wujud integrasi daerah otonomi, sehingga perlu bersama menyukseskannya.

Juaini Taofik juga menyampaikan arahan kepada camat yang hadir pada kegiatan yang berlangsung pada Kamis (16/5/2024) di Pendopo Bupati Lotim tersebut, untuk mendukung dan memfasilitasi PPK. ‘’Hal-hal yang sudah baik pada Pemilu lalu dipertahankan, yang belum sempurna agar disempurnakan,’’ harapnya.

Karenanya, Juaini Taofik akan memonitor 21 kecamatan, Sekretariat PPK-nya seperti apa, komunikasi Camat dengan ketua dan segenap anggota PPK harus baik, karena dengan cara itulah tugas yang berat menjadi mudah, sesuatu yang kompleks bisa disederhanakan.

Senada dengan itu, Anggota KPU Provinsi NTB, Mastur yang juga hadir pada kesempatan tersebut mengingatkan tugas pada Pemilu lalu tidak dapat disamakan dengan tugas di jabatan yang lain. Sebagai penyelenggara Pemilu atau Pilkada, ia berpesan kepada PPK untuk berhati-hati. Sebab, ada kode etik yang harus dipedomani.

‘’Jaga integritas pastikan Pikada berjalan aman dan menghasilkan pemimpin yang akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Lombok Timur khususnya, maupun NTB,’’ ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Ada Suci Makbullah dalam arahannya mengingatkan agar PPK segera menetapkan ketua di masing-masing kecamatan serta mengajukan sekretaris dan kelengkapan lainnya kepada Camat, termasuk kesekretariatan. Ditekankan pentingnya akurasi dalam pemutakhiran data pemilih sebagai bagian dari upaya menyukseskan Pilkada.(Kml)