Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting, Lombok Timur Juara 1

Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik
Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kabupaten Lombok Timur (Lotim) berhasil meraih juara 1 dalam penilaian evaluasi kinerja pelaksanaan 8 aksi konvergensi dalam percepatan penurunan stunting kabupaten/kota se-Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang berlangsung Rabu – Kamis (5 – 6 Juni 2024) di Mataram.

Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Juaini Taofik menyampaikan salah satunya program dengan Ketahanan Pangan, PKK bersama Kesehatan Cegah Stunting di Seribu Hari Kehidupan (Dekapan PKK Canting Srikandi) yang melengkapi berbagai inovasi dalam penanggulangan stunting di Kabupaten Lombok Timur.

Dalam program tersebut, Pj Bupati memastikan bahwa seluruh bantuan untuk penanganan stunting sampai tepat kepada sasaran. Sebab, ditambahkannya, program ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga memiliki pemahaman dalam upaya mencegah stunting dari rumah tangga.

Selain itu, dukungan seluruh elemen termasuk dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Lombok Timur juga menjadi salah satu yang digarisbawahi Pj Bupati. BAZNAS Lotim menyediakan Rp300 juta untuk pendampingan dan edukasi sasaran. Demikian halnya dengan dukungan dari Pemerintah Desa melalui dana desa (DD) untuk penguatan kader dalam upaya mengedukasi masyarakat.

Juaini Taofik mengaku senang karena edukasi dilakukan oleh berbagai pihak. ‘’Tidak semua mesti ke makanan tetapi memberikan pendampingan, edukasi juga merupakan bagian dari program. Sebab, percuma kalau misalnya secara kuantitas kita siapkan seribu paket kalau tidak kita damping, tidak kita edukasi. Kita ingin seribu paket, seribu juga yang terkonsumsi di keluarga risiko stunting,’’ ungkapnya.

Ditegaskannya pula bahwa semua pihak di Lombok Timur mengambil peran aktif dalam upaya penurunan stunting. Tidak hanya sektor kesehatan seperti Dinas Kesehatan maupun DP3AKB, melainkan pula melibatkan Kementrian Agama, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, hingga TNI/Polri. Bahkan tercatat 15 OPD pada tahun 2023 memberikan dukungan dalam penganggaran penuruanan stunting.

Panelis dalam penilaian kinerja stunting ini berasal dari berbagai kalangan termasuk akademisi, di mana masing-masing menangani setiap aksi dari delapan aksi konvergensi.(Kml)