Grand Opening Ayam Taliwang As’ad Cipete Raya, Resep Asli Pulau Lombok

Grand Opening Ayam Taliwang Asad
Suasana Grand Opening Ayam Taliwang As’ad Cipete Raya yang ditandai dengan pengguntingan pita.

JAKARTA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Ayam Taliwang As’ad Cipete Raya resmi menggelar grand opening, yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Heriadi As’ad selaku owner, didampingi Camat Cilandak, Djaharuddin dan seorang founder, pada Minggu, 1 September 2024.

‘’Hari ini kami resmi menggelar grand opening Ayam Taliwang As’ad Cipete Raya, kuliner khas Lombok,’’ kata Owner Ayam Taliwang As’ad Cipete Raya, Heriadi As’ad, di sela-sela acara grand opening, Minggu (1/9/2024).

Heriadi menjelaskan, sesuai dengan visi misi dalam menjaga warisan kearifan lokal, terutama dalam hal kuliner, maka sebagai putra daerah Lombok, ia ingin menjaga warisan kuliner khas Lombok itu sendiri, yakni Ayam Taliwang.

Itu sebabnya, ia bertekad untuk membuka rumah makan Ayam Taliwang As’ad Cipete Raya, mengusung kekhasan kuliner lokal dengan resep asli Pulau Lombok, agar para penikmat kuliner Ayam Taliwang tidak perlu lagi bersusah payah ke Lombok, mengingat saat ini sudah tersedia Ayam Taliwang As’ad Cipete Raya.

Adapun sejumlah menu spesial yang ditawarkan di Ayam Taliwang As’ad Cipete Raya ini, di antaranya: Ayam Bakar Taliwang, Sate Rembiga, Plecing Kangkung, dan Sayur Ares.

Ayam Bakar Taliwang ini merupakan sajian utama khas Lombok yang terkenal gurih, pedas dan manis. Ayam Bakar Taliwang ini berupa daging ayam pejantan yang dipanggang dan dibalur dengan bumbu dan rempah racikan asli As’ad Favorit.

Kemudian Sate Rembiga, ini merupakan sate daging sapi asli Lombok yang bercita rasa pedas yang khas. Daging yang empuk berpadu dengan rempah membaur menciptakan sensasi rasa yang menggugah selera.

Sedangkan Plecing Kangkung ini dibuat dari kangkung segar yang direbus dan ditabur dengan sambal tomat, cabai dan terasi asli Lombok, sehingga memiliki cita rasa yang unik dan membuat ketagihan.

Sementara Sayur Ares, ini adalah hidangan tradisional khas Suku Sasak Lombok yang memiliki tekstur kenyal dan gurih. Dibuat dari pelepah pisang muda, santan kental serta bumbu khas Lombok yang membuat para penikmat kuliner menjadi kecanduan.

‘’Untuk konsumsi nasi box, Alhamdulillah beberapa kantor kementerian dan berbagai perusahaan atau instansi, banyak yang sudah berlangganan dengan kami. Dan dengan lokasi saat ini yang lebih luas, tentunya akan bisa menampung lebih banyak lagi para konsumen dan langganan untuk menikmati Ayam Taliwang,’’ ungkap Heriadi.

Camat Cilandak, Djaharuddin yang turut hadir dalam acara grand opening tersebut mengaku sangat mengapresiasi keberadaan Ayam Taliwang As’ad Cipete Raya. Artinya, dengan adanya Ayam Taliwang As’ad Cipete Raya ini, tentu hal ini akan menambah varian pilihan bagi masyarakat yang doyan wisata kuliner. Apalagi lokasi Ayam Taliwang As’ad Cipete Raya ini sangat strategis, mengingat Cipete Selatan ini adalah lokasi kuliner.

‘’Kita sama-sama berdoa agar usaha Ayam Taliwang As’ad Cipete Raya ini bisa cepat besar dan berkembang pesat. Sehingga ke depan, kita jadikan lokasi ini sebagai lokasi wisata kuliner. Dan pesan saya kepada Adinda Heriadi, untuk tidak sungkan-sungkan menjalin komunikasi dengan kami atau pak Lurah, pak RT, dan tokoh masyarakat di sini apabila menemui kendala dalam menjalankan usahanya,’’ ungkap Djaharuddin.

Dari pantauan media ini, saat Grand Opening Ayam Taliwang As’ad Cipete Raya berlangsung, tak lupa mempersembahkan penampilan Gendang Beleq dan Tari Gandrung khas Suku Sasak Lombok yang merupakan binaan dari Anjungan Nusa Tenggara Barat (NTB) Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Turut hadir juga dalam acara grand opening tersebut, Ketua Umum HIMALO, H Karman BM; Kepala Sub Bidang Promosi dan Informasi (Kepala Anjungan NTB TMII), Tantawi Jauhari; mantan Gubernur NTB, H Harun Al Rasyid beserta istri; pengurus Laskar Sasak dan Merang Sasak, Fahmi; Presiden Forum Kebangsaan, Samianto, serta sejumlah tamu undangan lainnya.(Sid)