Pasien RSJMS, Agustus-September Capai 1.409 Orang

2 minutes reading
Monday, 10 Oct 2016 16:38 0 1079 Editor

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma (RSJMS) Provinsi NTB mencatat jumlah kunjungan pasien penderita gangguan jiwa pada bulan Agustus—September 2016 lalu mencapai 1.409 orang.

Direktur RSJMS Provinsi NTB, dr Elly Rosila Wijaya Sp.KJ., MM (tengah).

Direktur RSJMS Provinsi NTB, dr Elly Rosila Wijaya Sp.KJ., MM (tengah).

Direktur RSJMS Provinsi NTB, dr Elly Rosila Wijaya Sp.KJ., MM mengatakan, tingginya tingkat kunjungan pasien yang mengalami gangguan jiwa selama dua bulan tersebut, bukan berarti jumlah pasien RSJ mengalami peningkatan, tapi lebih dikarenakan kesadaran masyarakat yang semakin tinggi.

‘’Tingginya tingkat kunjungan itu bukan berarti jumlah meningkat ya, tapi itu justeru menunjukkan kesadaran masyarakat untuk mengobati keluarganya yang mengalami gangguan jiwa ke RSJMS semakin bagus,’’ kata dr Elly saat konferensi pers di ruang Media Center Kantor Gubernur NTB, Senin (10/10).

Dari jumlah 78 persen diantaranya atau sekitar 568 diantaranya, kata dr Elly, telah dibebaskan. Meski demikian, proses rawat jalan tetap dilakukan untuk memantau perkembangan mereka.

Selain melakukan perawatan terhadap penderita gangguan kejiwaan, lanjut dr Elly, RSJMS juga melakukan pemberdayaan dengan memberikan pelatihan keterampilan, agar setelah mereka benar-benar sembuh, setidaknya bisa berdaya secara ekonomi.

‘’Kedepan kita tentu berharap, kesadaran masyarakat untuk datang mengobati keluarganya yang mengalami gangguan jiwa akan terus semakin meningkat, supaya masyarakat penderita bisa segera disembuhkan dan kembali hidup normal seperti biasa,’’ ungkapnya.(wan)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA