Bangsal Pengolahan Rumput Laut Loteng Mubazir

Inilah bangunan pengolahan rumput laut Lombok Tengah yang sampai saat ini terkesan mubazir. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pembangunan bangsal pengolahan rumput laut pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Tengah sudah selesai dikerjakan. Namun, bangunan bangsal pengolahan yang merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI tahun 2015 lalu itu, sampai saat ini belum dimanfaatkan sama sekali alias mubazir.

Inilah bangunan pengolahan rumput laut Lombok Tengah yang sampai saat ini terkesan mubazir. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

‘’Bangunan bangsal pengolahan rumput laut itu memang belum difungsikan. Karena, masih menunggu penataan halaman. Kalau sudah tertata rapi, baru nanti akan difungsikan,’’ kata Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Azhar kepada wartawan di kantornya, Kamis (20/4).

Pihaknya juga masih menunggu regulasi dari pemerintah pusat terkait mekanisme pengolahannya. Karena, bangsal pengolahan rumput laut ini nanti akan dikelola oleh masyarakat atau kelompok tani. Dan hasil produk dari masyarakat itu, nanti juga akan dikemas di tempat ini, baru kemudian dijual ke masyarakat. Hal ini dilakukan guna meningkatkan perekonomian masyarakat. ‘’Jadi, bukan dinas yang akan mengelola bangsal rumput laut itu,’’ ungkapnya.

Untuk fasilitas pendukung pengolahan rumput lain ini sudah dilengkapi. Hanya saja pihaknya masih menunggu penataan halaman selesai dikerjakan. ‘’Adapun besaran dana pembangunan bangsal pengolahan rumput laut itu saya kurang tahu. Karena, itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat,’’ ujarnya.(ROS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *