Puluhan Pemuda-Pemudi Desa Lekor Ikuti Pelatihan Perhotelan

Sekdes Lekor, Apriyato Wawan DP.

Oleh: Muhamad |

LOTENG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pemerintah Desa (Pemdes) Lekor, Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah, bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bhipar Pariwisata Lombok Tengah melaksanakan kegiatan pelatihan perhotelan bagi para pemuda dan pemudi desa setempat.

Kegiatan pelatihan tersebut kini sudah berjalan selama satu bulan. Kegiatan yang diagendakan berlangsung selama dua bulan itu, sudah masuk pada kegiatan Coaching Industry dan Table Manner. Kegiatan yang berlangsung di JM Hotel Kuta tersebut merupakan pengenalan pertama para peserta terkait proses pelayanan standart hotel dan dihadiri oleh 6 General Manager (GM).

Sekdes Lekor, Apriyato Wawan DP saat ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan yang berkelanjutan. ‘’Setelah selesainya proses studi, anak-anak kemudian akan melakukan kegiatan magang atau training pada hotel-hotel yang sudah ditentukan LPK,’’ kata Wawan.

Suasana coaching industry dan table manner yang dilakukan oleh para peserta pelatihan.

Sementara itu, terkait dengan peluang kerja peserta pelatihan, pria murah senyum ini menjelaskan tidak pernah khawatir dan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak LPK. ‘’Saya sudah bekerja sama dengan LPK hampir 5 tahun. Memberikan rekomendasi pekerjaan bukan sesuatu yang sulit bagi mereka. Insya Allah target kita 60%-70% peserta terserap langsung industri dari total 20 peserta mengingat ini menjadi tahun pertama program pemberdayaan Desa Lekor untuk menyambut Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Jelas saya katakan, kita (masyarakat Lombok Tengah) tidak ingin hanya menjadi penonton di tanah kita sendiri,’’ ujarnya.

Sementara itu, Direktur LKP Bhipar Pariwisata Lombok Tengah, Mashudi menjelaskan, sudah beberapa GM Hotel yang mengontak dirinya. ‘’Ada beberapa GM yang sudah menelpon ke kantor terkait dengan peserta dari Desa Lekor. Hanya saja kami belum ingin melepas mereka, mengingat kompetensi dan karakter mereka harus kami optimalkan,’’ katanya.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply