Pasien Positif Covid-19 di NTB Kini Berjumlah 10 Orang

Up date daftar pasien Covid-19 se-NTB.
Update daftar pasien Covid-19 se-NTB per tanggal 6 April 2020.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Jumlah pasien positif Virus Corona (Covid-19) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bertambah 2 (dua) orang yang berasal dari Kabupaten Lombok Timur (Lotim), sehingga secara keseluruhan berjumlah menjadi 10 orang. ‘’Bahwa pada hari ini, Senin (6/4), kami telah menerima konfirmasi 2 (dua) orang PDP Positif Covid-19,’’ kata Sekda NTB, HL Gita Ariadi dalam siaran pers, di Mataram, Senin (6/4).

Gita Ariadi mengatakan bahwa dua orang PDP yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut yakni atas nama Ny NM, perempuan berusia 28 tahun. Selanjutnya atas nama MI, laki-laki berusia 41 tahun. Keduanya merupakan warga Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

‘’Kedua pasien ini memiliki riwayat kontak erat dengan pasien 01. Dalam 14 hari terakhir sebelum sakit, pasien tidak pernah bepergian ke daerah terjangkit Covid-19,’’ ujarnya.

Saat ini, kedua pasien dirawat di ruang isolasi di RSUD dr R Soedjono Selong, Kabupaten Lotim dengan kondisi baik. Dengan adanya tambahan dua kasus terkonfirmasi positif Covid-19, kata Gita Ariadi, maka jumlah pasien positif Covid-19 di NTB sampai dengan saat ini menjadi 10 orang. ‘’Untuk menghindari penularan lebih lanjut, petugas kesehatan melakukan contact tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan pasien-pasien yang bersangkutan,’’ katanya.

Gita Ariadi meminta kepada semua lapisan masyarakat untuk tetap tenang, selalu menggunakan masker dalam setiap aktivitas, menghindari keramaian, menjaga kesehatan dengan melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

Gita Ariadi juga menjelaskan, mulai hari ini laboratorium RSUD Provinsi NTB sebagai rumah sakit rujukan pemeriksaan Covid- 19, telah mulai melakukan pemeriksaan terhadap sampel PDP dari rumah sakit jejaring. Selanjutnya hasil dari pemeriksaan sampel tersebut akan dilaporkan ke Litbangkes Kementerian Kesehatan RI di Jakarta.

‘’Pihak BNPB juga telah mengirimkan sebanyak 1.900 buah APD (Alat Pelindung Diri) Coverall dan 7.000 buah masker bedah, sehingga diharapkan kebutuhan APD untuk rumah sakit dan Puskesmas dapat tercukupi dalam minggu-minggu ini,’’ ujarnya sembari mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB juga menyediakan laman resmi Satgas Pemerintah Provinsi NTB Penanganan Covid-19 http://corona.ntbprov.go.id, Layanan Provincial Call Centre (PCC) Penanganan Penyebaran Pandemi Covid-19 di NTB 0818 0211 8119.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *