Teguh Santosa Buka Rakerda Pengda JMSI Aceh

323
Suasana Rakerda I JMSI Aceh yang dibuka secara rasmi oleh Ketua Umum JMSI Pusat, Teguh Santosa secara virtual.

BANDA ACEH, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur Aceh, Nova Iriansyah yang diwakili Asisten Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan, Iskandar Syukri menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I tahun 2021 Jaringan Media Siber Indonasia (JMSI) Provinsi Aceh, di Kyriad Muraya Hotel, Banda Aceh, pada Sabtu (10/4). Rakerda I JMSI Aceh dibuka secara rasmi oleh Ketua Umum JMSI Pusat, Teguh Santosa secara virtual.

Iskandar Syukri dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah Aceh memiliki hubungan yang baik dengan seluruh media, baik cetak dan media siber. Karena media merupakan salah satu pilar yang membantu jalannya roda pembangunan di Aceh. ‘’Hubungan yang baik dengan entitas media dan pers di Aceh, kami wujudkan dalam berbagai bentuk kemitraan strategis. Berbagai program pembangunan yang telah dilakukan, dan sedang akan dilaksanakan, kami pastikan akan dapat diketahui publik yang disajikan oleh berbagai media, terutama media siber,’’ kata Iskandar

Menurutnya, di era teknologi informasi yang semakin cepat, di mana peran media siber semakin menjadi garda depan penyampai informasi, maka kualitas kemitraan terhadap media siber dan entitas perusahaan pers yang bergerak di media siber terus ditingkatkan. Pemerintah Aceh percaya bahwa pemberitaan yang sehat, sangat dipengaruhi oleh media yang sehat, dan selaku entitas bisnis, perusahaan pers dan pemerintah merupakan satu kemitraan yang penting.

Iskandar berharap agar media selaku elemen penyeimbang, dapat terus meningkatkan kualitas dan kapasitas. Hal ini diperlukan agar masyarakat mendapat akses informasi yang lengkap, akurat dan cepat terhadap kerja-kerja pemerintah dalam pembangunan daerah sekaligus sebagai kontrol masyarakat. ‘’Tapi tentunya, kualitas media tersebut harus didasarkan pada fakta dan data yang akurat, agar informasi yang disampaikan dapat dipertanggungjawabkan,’’ ujar Iskandar sembari berharap, Rapat Kerja Daerah JMSI Aceh tahun 2021 ini dapat menghasilan gagasan dan ide yang konstruktif, yang nantinya dapat bersinergi dengan berbagai program.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Umum JMSI Pusat, Teguh Santosa. Teguh Santosa mengatakan, pemberitaan yang sehat, sangat dipengaruhi oleh media yang sehat. ‘’JMSI Aceh dapat tumbuh menjadi organisasi perusahaan media yang berkontribusi positif bagi pembangunan ekosistem pers yang sehat dan professional, dan menjadi bagian dari proses pembangunan di Aceh umumnya,’’ katanya.

Ketua JMSI Aceh, Hendro Saky mengatakan, kegiatan Rakerda I ini dalam rangka merumuskan program dan kegiatan kedepan, guna menjawab perubahan dan tantangan media siber kedepannya. ‘’Di antara program yang disahkan di antaranya penguatan kapasitas organisasi, pembentukan pengurus daerah JMSI Kabupaten/Kota,’’ katanya.

Program kerja yang telah diputuskan dalam Rakerda ini diharapkan dapat tercapai sesuai dengan target yang telah dijadwalkan. Peserta Rakerda I terdiri dari pemilik perusahaan pers yang tergabung dalam organisasi JMSI Aceh, di antaranya; Popularitas.com, Ajnn.net, Anteroaceh.com, Habanusantara.net, Acehbisnis.com, Acehbisnis.com, metropolis.id, acehvideo.tv, antaraaceh.com, analisisnews.com, posaceh.com, gemarnews.com, kanalinspirasi.com, acehportal.com, bisaapa.id, analisaaceh.com, acehnews.net, acehjurnal dan serambinews.com.(Sid/jmsi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here