WISH Online 2021 Hadir untuk Dukung SDM Indonesia Tangguh dan Tumbuh

WISH Online 2021
Undangan Konferensi Pers WISH Online 2021 dengan tema ''Beasiswa Yang Memerdekakan'', yang akan digelar Sabtu siang (28/8/2021).

JAKARTA, LOMBOKTODAY.CO.IDIndonesian Scholarship Center (ISC) bersama Schoters, Lembaga Beasiswa Baznas RI dan PPI Dunia mengadakan konferensi pers dan talkshow inspirasi beasiswa untuk membuka rangkaian acara World Indonesia Scholarship (WISH) Online 2021, yang diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi zoom, besok siang (Sabtu, 28/8/2021).

WISH merupakan kegiatan beasiswa yang diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2018 lalu dengan tujuan untuk mewujudkan kesempatan bagi masyarakat Indonesia meraih beasiswa dan pendidikan secara merata.

Selama pandemi Covid-19, WISH diselenggarakan secara virtual dengan nama WISH Online. WISH Online 2021 merupakan gelaran ke-2 yang diselenggarakan dengan membawa harapan untuk menjadi wadah kegiatan virtual dalam membangun motivasi dan mewujudkan merdeka belajar masyarakat Indonesia demi mencapai pendidikan yang setinggi-tingginya dengan beasiswa.

Bertepatan dengan bulan kemerdekaan, tahun ini WISH Online mengusung tema ‘’Beasiswa yang Memerdekaan’’. Tema ini dipilih untuk mengingatkan kembali kepada semua bahwa beasiswa dapat menjadi salah satu instrumen yang efektif guna membuat seseorang merdeka dalam mengakses pendidikan yang layak. Ketika kemerdekaan atas akses pendidikan layak itu dapat dimiliki oleh semua orang, maka SDM Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh tidak lagi hanya menjadi cita-cita, namun adalah kenyataan yang ada di depan mata.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, WISH Online berkolaborasi dengan berbagai lembaga kolaborator, serta didukung puluhan lembaga baik dalam negeri maupun luar negeri. Acara ini mempertemukan para pencari beasiswa, penerima beasiswa, alumni, komunitas/organisasi, lembaga penyedia beasiswa, lembaga pendidikan dalam dan luar negeri, kedutaan asing, pemerintah, hingga institusi yang peduli terhadap pengembangan beasiswa dan pendidikan di Indonesia.

Didin Nuruddin Hidayat, Executive Director Indonesia Scholarship Center, Dewan Pembina WISH Online 2021 menyatakan, saat ini informasi dan kesempatan mendapatkan beasiswa masih belum merata di bumi pertiwi. Sehingga, hanya segelintir orang yang dapat menikmatinya, padahal beasiswa merupakan hak setiap orang yang membutuhkan dan berusaha lebih.

‘’Dengan tagline #BeasiswaYangMemerdekakan, kami berharap pemerataan beasiswa dapat terwujud untuk memerdekakan anak bangsa demi mendapatkan pendidikan untuk maju baik di dalam maupun luar negeri,’’ kata Didin Nuruddin Hidayat dalam siaran pers yang diterima Redaksi Lomboktoday.co.id, Jumat (27/8/2021).

Lingga Wishnu Pratama, Ketua Panitia WISH Online 2021  menyatakan,WISH Online 2021 akan dimulai kegiatannya pada tanggal 4 September sampai 22 Desember 2021 mendatang yang ditargetkan sebanyak 23 series selama 15 minggu pelaksanaan dengan lebih dari 100 kelas online untuk memfasiliasi >100 informasi beasiswa dalam dan luar negeri serta >100 kelas workshop persiapan beasiswa dan Bahasa asing secara Gratis untuk masyarakat di seluruh Indonesia.

Tahun ini WISH Online setidaknya memiliki 3 sesi di setiap seri kegiatannya. Ada sesi informasi dan konsultasi beasiswa, sesi workshop terkait persiapan mendaftar beasiswa dan sesi pelatihan Bahasa asing. 3 (tiga) hal itu mejadi fokus kegiatan WISH Online 2021 kali ini. Berdasarkan masukan dari berbagai pihak bahwa memang 3 hal itu yang mejadi tantangan terberat dalam mendaftar beasiswa.

‘’Harapannya meskipun diadakan secara online, tidak mengurangi semangat para peserta untuk memanfaatkan rentetan acara ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga ke depannya semakin banyak anak Indonesia yang dapat memerdekakan impiannya mendapatkan pendidikan untuk maju melalui beasiswa,’’ kata Wishnu.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here