Wow, Tak Disangka Siswi MAN 1 Lotim Cetak Presenter Nasional Versi UNJ

Siswi MAN 1 Lotim
Baiq Deswita Karina Putri (kanan) bersama Kakanwil Kemenag NTB, KH M Zaidi Abdad (tengah) dan Kakan Kemenag Lotim, H Sirojuddin (kiri).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Siapa sangka Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lombok Timur (Lotim) mampu mencetak presenter nasional versi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tahun 2021 melalui Kejuaraan Nasional Presenter yang digelar UNJ. Salah seorang siswi MAN 1 Lotim, Baiq Deswita Karina Putri yang dikirim mengikuti kejuaraan bergengsi itu, akhirnya berhasil meraih juara 2 (dua).

Karena kejuaraan ini dibuka untuk umum, siswi yang masih duduk di Kelas XI Jurusan IPA itu berhasil mengungguli pesaingnya yang sebagian besar adalah mahasiswa hingga para sarjana (S1) bahkan Magister (S2). Demikian keterangan yang disampaikan salah seorang Guru Pembina Ekstra Kurikuler MAN 1 Lotim, Bohari Muslim selaku mentor Baiq Deswita Karina Putri pada ekstra jurnalistik.

Deswita, sapaan akrabnya, lanjut Bohari Muslim, mampu unjuk kebolehan dengan performa depan kamera laiknya seorang presenter senior yang sudah terbiasa di layar kaca. Dengan dibantu kameramen dari rekan satu sekolah, Rahmatullah Jayadi yang juga siswa Kelas XI, membuat para juri terlihat sangat terkesima dengan acting yang mach antara presenter dan kameramen. Hasilnya, Deswita adalah satu-satunya peraih juara dari peserta unsur pelajar.

Kepala MAN 1 Lotim, Nurul Wathoni mengungkap, raihan prestasi yang dipersembahkan oleh siswi MAN 1 Lotim ini juga mendapatkan atensi dan apresiasi dari banyak pihak, termasuk dari Kakanwil Kemenag Provisi NTB, KH M Zaidi Abdad, yang menyampaikan kebanggaan yang luar biasa dengan capain prestasi anak madrasah NTB termasuk di MAN 1 Lotim saat ini.

‘’Ini patut diapresiasi dan menjadi motivasi bagi siswa-siswi dan madrasah lainnya bahwa potensi anak madrasah NTB sangat beragam dan harus dapat dikembangkan untuk mereka menjadi hebat bermartabat,’’ kata Kakanwil Kemenag NTB seperti dituturkan Kepala MAN 1 Lotim, Nurul Wathoni.

Masih menurut Kakanwil Kemenag lanjut Nurul Wathoni, tampilannya pada rekaman videonya tampak seperti presenter professional dan memang luar biasa. Karenanya, Kakanwil Kemenag NTB berharap sambung Nurul Wathoni, ini adalah mutiara yang harus terus dipelihara dan dikembangkan untuk mereka nantinya dapat menjadi presenter mumpuni bisa seperti Najwa Shihab dan lainnya.

Bahkan Nurul Wathoni sendiri selaku Kepala MAN 1 Lotim mengaku sangat terkejut dengan torehan prestasi siswi binaannya ini. ‘’Luar biasa, saya tidak menyangka karena siswi kami ini siswi dari daerah, tentu punya banyak keterbatasan. Tapi ternyata setelah kita melihat tampilan dan semangat serta kemampuan Deswita, juara yang disematkan para juri sudah tepat,’’ ujarnya penuh bangga.

Selaku pimpinan, Nurul Wathoni menyampaikan apresiasi atas semangat pembina dan juga siswa yang secara tekun mengembleng diri melalui ektra yang memang didukung penuh pihak madrasah. Hadiah yang diraih Deswita berupa uang jutaan rupiah dan piala dari panitia. Juga mendapat tambahan dari madrasah sebagai support untuk terus bersemangat mengembangkan minat bakatnya menjadi siswi hebat, mandiri dan berprestasi.(Kml)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here