40 Pengusaha Hadiri Business Gathering yang Digelar KJRI Jeddah

Eko Hartono
Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah, Eko Hartono.

JEDDAH, LOMBOKTODAY.CO.ID – Sebanyak 40 pengusaha, umumnya adalah importir produk Indonesia menghadiri kegiatan business gathering yang digelar Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah di Balai Nusantara, pada Minggu (24/10/2021). Kegiatan business gathering ini digelar guna mendukung gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 digital edition.

Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah, Eko Hartono dalam sambutannya menyampaikan tentang kinerja perekonomian Indonesia di tengah masa pandemi Covid-19 yang tumbuh 1,07 di triwulan II 2021. Hal itu, kata Konjen, ditopang oleh kinerja ekspor yang tumbuh secara signifikan yaitu 31, 78 persen dibanding periode yang sama.

Pertumbuhan positif ini, lanjut Konjen, juga tercermin dalam neraca perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi yang meningkat 31,34 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Ekspor non migas Indonesia ke Arab Saudi pada triwulan II 2021 naik sebesar 27,24 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Oleh karena itu, Tim Promosi Ekonomi Terpadu (Prometer) KJRI Jeddah mengemas berbagai program promosi gelaran TEI ke-36 digital edition dengan melakukan komunikasi intensif dengan beberapa Kadin (Kamar Dagang Indonesia) yang tersebar di sejumlah provinsi di wilayah kerja KJRI Jeddah dan kalangan pengusaha setempat.

Selain tayangan video tentang update kemajuan ekonomi Indonesia, kegiatan juga diisi tutorial registrasi bagi para pengusaha untuk mengikuti TEI ke-36. Tutorial disampaikan oleh Muhammad Rivai Abbas, Direktur ITPC Jeddah, diikuti sesi tanya jawab dengan para tamu yang hadir.

Di antara yang menjadi topik hangat dalam sesi tanya jawab adalah prosedur masuknya orang asing ke Indonesia selama pandemi Covid-19, terutama kalangan pengusaha dari Arab Saudi yang harus menjalani karantina dan pemeriksaan kesehatan meski telah menjalani suntik vaksin dosis lengkap.

Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 tahun 2021 diselenggarakan secara online dari 21 Oktober hingga 4 November 2021 (online interactive) dan 21 Oktober hingga 20 Desember 2021 (showcase) dan keikutsertaan Indonesia pada Expo Dubai 2020.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here