Tim Kesenian KSB Tampil Memukau di Parade Kebudayaan HPN 2022 Kendari

Foto bersama
Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin (tengah) saat foto bersama Tim Kesenian KSB.

KENDARI, LOMBOKTODAY.CO.ID – Tim Kesenian Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tampil memukau di hadapan masyarakat Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan para tamu undangan dari seluruh Indonesia dalam Parade Kebudayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2022, di Lapangan Eks MTQ, Kota Kendari, Provinsi Sultra, pada Senin malam (7/2/2022).

Tim kesenian dari KSB menampilkan tradisi lisan ‘’Serune Ratib Sakeco’’ yang dibawakan oleh empat orang siswa-siswi SMP dan SMA dari Sanggar Pusaka Langit binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan KSB.

‘’Serune Ratib Sakeco’’ adalah perpaduan permainan serune (seruling khas Tana Samawa), pukulan ‘’ratib rebana ode’’ dan ‘’sakeco’’. Syair sakeco yang ditampilkan Shulthanah Zafirah Lufhfiyyah, Moza Ramadhani, Rivaldi Alfarizi dan Ahmad Al Qatiri bertutur tentang kolaborasi semua komponen di KSB dalam tradisi Siru’ (gotong royong).

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat di bawah kepemimpinan Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin, telah melembagakan budaya Siru’ melalui Perda Nomor 3 Tahun 2016 yang diubah dengan Perda Nomor 1 tahun 2021 tentang Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR).

Siru’ yang dilembagakan melalui PDPGR terbukti menjadi solusi dari berbagai persoalan masyarakat, efektif untuk pelaksanaan program pembangunan, memastikan terpenuhinya hak-hak dasar masyarakat, serta pelaksanaan pemerintahan yang transparan, akuntabel dan partisipatif.

‘’Nilai, semangat dan capaian dari program berlandaskan semangat gotong royong atau Siru’ inilah yang ingin kami sebarluaskan ke seluruh Indonesia melalui Serune Ratib Sakeco yang kami tampilkan. Alhamdulillah, mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat di Kendari,’’ kata Ajad Sajadah, Pembina Sanggar Pusaka Langit.

Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin hadir menyaksikan penampilan Tim Kesenian KSB. Bupati Musyafirin yang didampingi Kepala Bappeda Litbang dan sejumlah pejabat lainnya, menyampaikan apresiasi atas penampilan Tim Kesenian KSB.

Bupati peraih Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di HPN 2022 Kendari itu langsung naik ke atas panggung menyampaikan apresiasi atas penampilan dan berfoto bersama Tim Kesenian KSB.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *