Mau Tahu Jumlah Potensi Zakat di NTB? Ternyata Segini Jumlahnya

BAZNAS NTB
Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah saat Acara Pelaksanaan Pembayaran Zakat melalui BAZNAS Provinsi NTB yang berlangsung di Gedung Graha Bakti Praja Kantor Gubernur NTB, pada Rabu (20/4/2022).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi NTB, TGH Muhammad Said Ghazali mengatakan bahwa potensi zakat di Provinsi NTB mencapai sebesar Rp2,8 triliun. Tapi untuk zakat, infaq dan sedekah (ZIS) dan Dana Sosial Kegiatan Keagamaan Lainnya (DSKKL) yang telah terkumpul sebanyak Rp125 miliar.

TGH Muhammad Said Ghazali menjelaskan bahwa keberadaan zakat yang terkumpul memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, salah satunya melalui program NTB Gemilang Makmur, telah membentuk sebanyak 13 Koperasi Syariah dan terbentuknya kelompok usaha kecil yang mencapai sebanyak 1.700 anggota dari 170 sampai 200 kelompok.

‘’Penyaluran ZIS tidak hanya secara konsumtif, tetapi juga melakukan ZIS secara produktif dengan memperdayakan ekonomi mustahik sebagai pengusaha, Alhamdulillah, sampai saat ini terbentuk Koperasi Syariah terdiri dari ribuan anggota.

Pendistribusian ZIS melalui program unggulan, seperti NTB Gemilang Peduli, NTB Gemilang Cerdas, NTB Gemilang Sehat, NTB Gemilang Makmur, NTB Gemilang Takwa dan program lain sebagainya,’’ kata Ketua Baznas NTB, TGH Muhammad Said Ghazali saat memberikan sambutan dalam Acara Pelaksanaan Pembayaran Zakat melalui BAZNAS Provinsi NTB yang berlangsung di Gedung Graha Bakti Praja Kantor Gubernur NTB, pada Rabu (20/4/2022).

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah mengatakan bahwa hadirnya BAZNAS NTB membantu pemerintah dalam mengentaskan berbagai permasalahan, baik itu dari segi pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lain sebagainya.

‘’Begitu banyak program dari BAZNAS yang dieksekusi baik itu di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sehingga memang menjadi sangat penting bagi BAZNAS untuk dapat menghimpun zakat dan sedekah dari seluruh mkasyarakat di NTB,’’ kata Wagub.

Ummi Rohmi, demikian Wagub NTB ini biasa disapa menjelaskan bahwa tantangan kedepan bagi BAZNAS NTB agar dapat mensosialisasi apa yang telah dilakukan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.

‘’Tantangan bagi BAZNAS bagaimana mensosialisasikan apa yang sudah BAZNAS lakukan dengan sebaik-baiknya dan memanfaatkann teknolofgi di masa sekarang ini, karena di masa sekarang jarang sekali orang mau berepot-repot untuk membayar zakat, langsung secara digital,’’ ujarnya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *