Keren, Konjen RRT di Denpasar Jalin Kerja Sama dengan PWI NTB, Ini Bentuknya

Ketua PWI NTB, Nasrudin Zein saat menyerahkan proposal PORWASAN 2022 kepada Konjen RRT di Denpasar, Zhu Xinglong.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Konsulat Jenderal (Konjen) RRT di Denpasar, Zhu Xinglong menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada jajaran wartawan, khususnya yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) NTB.

Hal itu disampaikan Zhu Xinglong, lantaran telah diterima dengan penuh persaudaraan oleh jajaran pengurus PWI NTB pada kunjungan kerja di Provinsi NTB, pada Selasa (9/8/2022).

Kunjungan silaturrahmi dalam mempererat kerja sama Konjen RRT di Denpasar dengan Pemerintah dan masyarakat media di NTB, diterima Ketua PWI NTB, Nasrudin Zein bersama Wakil Ketua, Alfian Yusni Direktur Lombok Post, HM Syukur Direktur Radar Mandalika, Azrul Azwar Direktur Percetakan, H Haliludin Pimpinan Lombok Post, Rachman Hakim Sekretaris PWI NTB, I Nyoman Arya Kabid Pemberitaan TVRI NTB dan jajaran direksi, di Kantor Lombok Post, Gedung Graha Pena Lombok.

Zhu Xinglong memaparkan tentang kemajuan dan prestasi kerja sama RRT dan RI seperti pembangunan infrastruktur kereta cepat, bantuan vaksin dalam penanganan Covid-19, kerja sama ekonomi perdagangan.

”Pertumbuhan ekonomi Tiongkok kini mencapai 2,5 persen dan ke depan mampu mencapai angka di atas 5 persan,” kata Zhu sembari menambahkan bahwa di RRT sekarang sudah tidak ada lagi kemiskinan ekstrim, karena bantuan sosial dan penataan bantuan lainnya dilaksanakan dengan tepat sasaran.

Untuk NTB, kerja sama RRT diarahkan pada sektor pertanian, pendidikan dan pemberantasan kemiskinan. Di bidang pendidikan, kami membuka kesempatan kepada pemuda NTB guna belajar di berbagai Perguruan Tinggi (PT) di Tiongkok,” ujar Zhu dalam Bahasa Tiongkok.

Ketua PWI NTB, Nasrudin Zein dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa dalam kerja sama media, diberikan kesempatan kepada wartawan di daerah ini guna dapat mengetahui potensi obat-obatan tradisional dan proses produksinya. Karena pengobatan tradisional Tiongkok sangat dikenal di NTB bahkan menjadikan pilihan prioritas dalam pengobatan.

Menjawab tentang pengobatan tradisional, Zhu menyampaikan rencananya mengajak wartawan NTB mengunjungi salah satu Perguruan Tinggi di Tiongkok yang konsentrasi keilmuannya difokuskan pada pembelajarannya di bidang obat-obatan dan pengobatan tradisional.

Hal lain yang disampaikan Ketua PWI NTB, Nasrudin Zein dalam pertemuan silaturrahim itu yakni membuka peluang Konjen RRT di Denpasar dapat berkontribusi dalam menyukseskan PORWANAS 2022, khususnya kontingen NTB. Dalam hal ini, Konjen RRT di Denpasar akan mempelajari proposalnya.(Sid/pwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *