Ini Peraih Anugrah Essay & Opini Terbaik tentang Even WSBK 2022 yang Digelar LTN PWNU NTB

Pembagian Hadiah
Suasana foto bersama di sela-sela pembagian hadiah bagi pemenang lomva essay & opini.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Lembaga Tak’lif Wannasyr Pengurus Wilayah Nahdaltul Ulama (LTN PWNU) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menyelenggarakan Lomba Essay & Opini dengan tema “Sensasi WSBK dan MotoGP Menuju Ekonomi Indonesia Bangkit-NTB Gemilang” sejak 25 September – 17 Oktober 2022 yang di kirim melalui email panitia.

Informasi tentang lomba tersebut juga disebarluaskan di media sosial dan WAG-WAG yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB). Setelah diseleksi melalui pleno yang alot oleh dewan juri, baru ditetapkan 6 karya terbaik dari dua kategori yakni Essay & Opini.

Penganugerahan ini berlangsung di Aula TGH Lalu M Turmudzi Badaruddun PWNU NTB, Jln Pendidikan Nomor 6 Kota Mataram, pada Jumat malam (28/10/2022).

Hadiri Staf Ahli Gubernur NTB Bidang Sosial Kemasyaratakan, H Jamalaudin Maladi, serta sejumlah pimpinan lembaga dan Banom PWNU NTB.

Sekretaris PWNU NTB, HL Aksar Ansori dalam sambutannya menyampaikan bahwa LTNNU satu-satunya lembaga yang masih memakai Bahasa Arab. Kalau di pusat LTNNU mengurus NU Online dan TV NU

Membaca dan menulis lanjutnya harus menjadi gerakan yang masif atau yang disebut gerakan literasi. “Ini penting agar bisa membedakan mana informasi yang kita butuhkan dan tidak dibutuhkan,” kata Mantan Ketua KPU NTB ini.

Kalau informasi tidak update, akan ketinggalan informasi, karena cepatnya informasi masa kini. Bahkan dirinya menilai sulit membedakan mana informasi yang akurat dan tidak.

“Yang bisa dijamin kualitasi berita informasi maupun tentang khasanah keislaman karena sangat detail, ya NU Online dan juga TV NU,” ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya menunggu karya-karya berikutnya dari lembaga maupun Banom yang ada di tingkat wilayah NU NTB.

“Pada intinya PWNU mendukung WSBK karena akan memiliki dampak bagi NTB bahkan berdampak untuk Indonesia dan dunia,” ucapnya.

Staf Ahli Gubernur NTB Bidang Sosial Kemasyarakatan, H Jamaludin Maladi yang juga sebagai Komandan Lapangan WSBK 2022 menyampaikan apresiasi kepada peserta lomba yang diadakan oleh LTNNU NTB.

Menurutnya, tidak semua anak-anak NTB bisa menulis. “Kegiatan LTNNU NTB ini merupakan bagian dari cara menjalankan progam NTB Sehat dan Cerdas,” katanya.

NTB Sehat dan Cerdas, bagi Jamaluddin, ini merupakan salah satu dari visi NTB Gemilang yang digerorakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB.

Sebelumnya, Ketua LTNNU NTB, Suaeb Qury dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut adalah bagian dari rangkain Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober 2022.

Di samping itu, juga bagian dari perayaan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2022. “Kegiatan ini didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi NTB,” kata Suaeb Qury yang juga sebagai Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB ini.

Jumlah tulisan yang masuk di panitia menurutnya tidak kurang dari 30 peserta dan diambil 6 tulisan terbaik sesuai hasil keputusan dewan juri (Dr Kadri, Suaeb Qury & Fathurrahman).

“Insya Allah 30 tulisan yang masuk nanti akan diterbitkan oleh LTNNU NTB,” ucapnya.

Adapun nama-nama para pemenang, sebagai berikut:

Kategori Essay;

Juara 1
Nama : JUMRATUL HASAN
Alamat : Suralaga, Lombok Timur, NTB.
Judul : Analisis Dampak Even MotoGP dan Internasional WSBK terhadap Pendapatan UMKM di Kuta Mandalika Lombok Tengah.

Juara 2
Nama : SAHYATINI, S.Pd
Alamat : Jln HM Faesal No.1 Selong, Lombok Timur
Judul : Tahta Mandalika untuk Dunia (Mitos Nyale untuk Kemakmuran & Kesejahteraan).

Juara 3
Nama : MERAWATI
alamat : Jln HM Faesal No.1 Selong, Lombok Timur
Judul : Riuh WSBK dan MotoGP Geliat Ekonomi NTB.

Kategori Opini;

Juara 1
Nama : HERDIN MARTHANA
Alamat : Prako, Desa Loang Maka, Kec. Janapria, Lombok Tengah
Judul : NTB adalah Destinasi Kelas Dunia.

Juara 2
Nama : TONI HERMAWAN
Alamat : Lingkungan Kebun Tata, Kelurahan Kalayu Utara, Kec. Selong, Lombok Timur

Juara 3
Nama : JUNAIDI, S.Pd
Alamat : Jln HM Faesal No 1 Selong, Lombok Timur
Judul : Sirkuit Mandalika Segenggam Harapan.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *