Sekda Lombok Timur dan Rektor UG Launching Desa Wisata Cerdas

HM Juaini Taopik
Sekda Lombok Timur, HM Juaini Taopik saat memberikan sambutan pada acara launching Desa Wisata Pintar di Desa Loyok, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, pada Sabtu (29/10/2022).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Mewakili Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy, Sekda Lombok Timur (Lotim), HM Juaini Taopik menerima Rektor Universitas Gunadarma (UG), E.S Margianti beserta rombongan, di Kantor Desa Loyok, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, pada Sabtu (29/10/2022).

Kedatangan E.S Margianti dalam rangka launching Desa Loyok sebagai Desa Wisata Cerdas sekaligus mempererat kerja sama kedua belah pihak.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Lombok Timur, HM Juaini Taopik mengingatkan pengembangan pariwisata membutuhkan konsep berkelanjutan sehingga dapat bertahan lama.

“Siapapun Kepala Desa, Camat maupun Bupati, serta apapun kegiatan di desa tersebut, pariwisatanya harus berkelanjutan,” kata Sekda.

Taopik menegaskan, pentingnya kualitas sumber daya manusia dalam pengembangan pariwisata. Karena itu, ia optimis Desa Loyok dapat mengembalikan kejayaan masa lalu, utamanya berkat keterlibatan UG dalam pengembangan Desa Loyok sebagai Desa Wisata Pintar. Hal tersebut mengingat potensi dan eksistensi Desa Loyok sebagai salah satu cikal bakal Desa Wisata di Lombok Timur.

Harapan yang sama juga disampaikan Rektor Universitas Gunadarma (UG), E.S. Margianti. Ia berharap dapat bersama-sama melakukan pengembangan terhadap program-program yang telah disepakati bersama, termasuk peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Ia juga menjelaskan bahwa UG membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi masyarakat Lombok Timur yang hendak meningkatkan kualitas pendidikannya di UG melalui beasiswa S1, S2, dan S3.

Kegiatan dilanjutkan dengan peresmian Smart Homestay Desa Loyok. Sekretaris Daerah bersama Rektor UG meresmikan Smart Homestay dengan menekan tombol virtual. Smart Homestay merupakan penginapan yang menerapkan teknologi Internet of Things (IoT).

Setiap bagian dari homestay tersebut seperti lampu, gagang pintu, terminal listrik, CCTV dan peralatan pendukung lainnya dapat diatur dan dikendalikan melalui telpon pintar.

Penerapan teknologi ini, selain memudahkan sekaligus memberikan kenyamanan bagi pengunjung sejak proses pemesanan hingga check out, juga berdampak terhadap efisiensi baik bagi pengunjung maupun pengelola.

Selain mencakup pengembangan dan pemanfaatan SDM untuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, kerja sama Pemda Lombok Timur dengan UG juga meliputi pengembangan dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan potensi dan layanan pemerintah, juga pengambangan desa wisata.(Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *