8 Fakta Tentang E-Samsat yang Harus Diketahui

E-Samsat
E-Samsat

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.IDE-Samsat adalah sebuah alternatif yang dibuat oleh pemerintah pusat untuk kegiatan pembayaran pajak dan hal lainnya. Tentunya keputusan ini disambut baik oleh masyarakat, apalagi orang-orang sibuk yang sulit pergi ke kantor Samsat. Berikut hal terkait E-Samsat.

1. Penjelasan

Pengenalan tentang E-Samsat belum diketahui oleh semua orang saat ini. Karena itulah Anda harus mengetahuinya untuk mempermudah kegiatan membayar pajak.
Laman yang disebut Samsat digital ini adalah cara di mana Anda bisa membayar pajak secara online. Pastinya cara ini aman karena dibuat langsung oleh pemerintah, buka oleh orang-orang yang kurang bertanggung jawab.

2. Fitur yang Dimiliki?

Banyak hal yang bisa dilakukan jika Anda mengakses laman Samsat dari setiap daerah. Tentunya tujuan utama yang dimiliki adalah untuk melakukan pembayaran pajak.

Selain membayar pajak, Anda juga bisa melihat pemilik nama STNK. Hal terkait kendaraan bermotor juga bisa Anda akses melalui laman resmi dari domisili yang dimiliki pengguna.

3. Syarat juga Ketentuan

Supaya Anda bisa membayar pajak kendaraan melalui laman digital satu ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal pertama, kendaraan yang didaftarkan tidak memiliki status diblokir.

Pemilik akun wajib memiliki nomor aktif supaya lebih mudah untuk dihubungi. Selain itu, pemilik juga wajib memiliki ATM, juga nomor dari rekening.

4. Cara Membayar Lebih Mudah

Jika setiap jatuh tempo Anda harus pergi ke kantor Samsat sangat melelahkan, maka semua itu sudah berakhir. Dengan diadakannya laman Samsat yang bisa melakukan kegiatan membayar pajak secara online bisa membantu Anda.

Tidak perlu pergi jauh, cukup akses laman resmi dan buat akun serta daftarkan kendaraan. Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan pembayaran melalui smartphone setiap waktunya.

5. Tidak Mengganggu Waktu Bekerja

Bagi orang-orang kantoran yang sulit mendapatkan libur pastinya sering takut terlewat membayar pajak. Dengan adanya E-Samsat, masyarakat yang sibuk jadi sangat terbantu.

Anda tidak perlu pergi meninggalkan pekerjaan hanya untuk melakukan pembayaran pajak ke kantor. Anda cukup gunakan ponsel pintar yang dimiliki untuk melakukannya.

6. Bisa Dilakukan Kapan Saja

Kegiatan membuat pajak bisa dilakukan kapan saja ketika sudah waktunya. Bahkan ketika situasi yang tidak memungkinkan untuk pergi ke kantor Samsat setelah mengambil uang di rekening. Anda bisa melakukannya walau di sela-sela pekerjaan yang menumpuk setiap hari. Karena pembayaran sangat-sangat mudah untuk dilakukan.

7. Cara Resmi dari Pemerintah

Tidak perlu takut pembayaran yang dilakukan melalui ponsel pintar tidak tercatat di pemerintahan. Karena cara ini sudah dilegalkan untuk mempermudah orang-orang membayar pajak supaya tidak terlewat.

Karena itu, cara ini adalah cara yang mudah juga praktis untuk semua orang, baik yang sibuk bekerja atau tidak. Jadi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

8. Cara Cek STNK

Untuk mengetahui informasi mengenai STNK yang dimiliki, Anda bisa mengeceknya secara mandiri. Cukup masuk pada lama resminya dan masukkan data yang diminta.
Setelah itu, apa yang menjadi pertanyaan Anda akan dijawab serinci mungkin oleh lama online Samsat. Tentunya cara ini cukup mudah karena masyarakat jadi lebih leluasa mengakses informasi dengan mudah tanpa harus bertanya kepada petugas.

Itulah hal-hal yang menyangkut laman resmi E-Samsat yang sudah hadir di tengah masyarakat. Tentunya dengan adanya laman ini diharapkan masyarakat lebih mudah dalam membayar pajak kendaraan yang dimiliki.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *