PGK NTB Nilai Lalu Niqman Zahir dan Hadi Gunawan Berpeluang jadi Pj Gubernur

Pj Gubernur NTB
Brigjen Pol Hadi Gunawan (kiri), Hendrawan Saputra (tengah), dan Lalu Niqman Zahir (kanan).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Dinamika politik terkait siapa Penjabat (Pj) Gubernur NTB pasca berakhirnya masa jabatan Gubernur dan Wagub NTB periode 2018-2023, H Zulkieflimansyah – Hj Sitti Rohmi Djalillah, terus bergulir.

Setidaknya ada 2 (dua) nama putra NTB yang digadang berpeluang untuk menduduki jabatan itu, yakni; Lalu Niqman Zahir, S.Sos., M.Si dan Brigjen Pol Hadi Gunawan, SH., SIK.

“Sepanjang yang kami tahu, ada nama Mamiq Niqman Zahir dan Pak Brigjen Pol Hadi Gunawan. Juga kami rasa tepat dan cocok menjadi Penjabat Gubernur NTB ke depan,” kata Ketua DPW Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Provinsi NTB, Hendrawan Saputra, SH melalui siaran pers yang dikirim ke Redaksi Lomboktoday.co.id, pada Rabu (8/2/2023).

Hendrawan menilai, keduanya merupakan putra asli NTB yang berkiprah di kancah nasional. Mereka merupakan figur yang dinilai cukup potensial menjadi Pj Gubernur NTB.

Menurut Hendrawan, khusus untuk sosok Lau Niqman Zahir, S.Sos., M.Si., dinilai sangat berpeluang menjabat Pj Gubernur NTB. Mengingat sosok Lalu Niqman Zahir yang saat ini menjabat sebagai Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal DPD RI, patut diperhitungkan.

Apalagi, nama Lalu Niqman Zahir sebelumnya juga sudah direkomendasikan langsung oleh empat anggota DPD RI Dapil NTB. Surat rekomendasi berkop DPD RI Provinsi NTB, itu ditandatangani oleh empat anggota senator yakni, Evi Apita Maya, S.H., M.Kn.; Ir H Achmad Sukisman Azmy, M.Hum.; TGH Ibnu Halil, S.Ag., M.Pd.I; dan Drs HL Suhaimi Ismy dan sudah dilayangkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian beberapa waktu lalu.

“Dukungan para senator ini menunjukan bahwa Pak Lalu Niqman Zahir juga putra daerah NTB yang berprestasi di kancah nasional. Beliau juga kompeten menjadi Pj Gubernur NTB,” kata Hendrawan.

Hendrawan menekankan, dalam dinamika Pj Gubernur NTB ke depan, jajaran PGK NTB berharap agar sosok putra asli NTB bisa menjadi Pj Gubernur. Agar secara emosional, sosial dan kultur bisa merasakan, berbaur dan memahami karakter masyarakatnya.

“Selain kriteria yang lain tentu saja, putra asli NTB ini yang kami harapkan bisa menjadi Pj Gubernur ke depan,” harapnya.

Selain Lalu Niqman Zahir, nama Brigjen Pol Hadi Gunawan juga dinilai punya peluang sebagai Pj Guberbur NTB. Terlebih lagi pria kelahiran Lombok Timur, 8 Desember 1967 ini merupakan perwira tinggi Polri yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Deputi Bidkoor Kamtibmas Kemenko Polhukam RI.

Hadi Gunawan juga pernah “pulang kampung” menjabat Kapolres Lombok Timur saat masih berpangkat AKBP (Ajun Komisaris Besar Polisi).

Karir kepolisian Hadi Gunawan cukup moncer setelah itu. Dengan pangkat Kombes Pol, Hadi Gunawan sempat menjabat Karo SDM di Polda Banten, Kabag Pangkat Robinkar SSDM di Mabes Polri, Karo SDM Polda Lampung, Kabagsus Robinkar SSDM Polri, dan meraih bintang satu menjabat Kabaginfopers Robinkar SSDM Mabes Polri.

Dan kini Hadi Gunawan menjabat Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam RI.

Kendati demikian, keputusan terkait Pj Gubernur NTB tersebut, tentunya nanti tetap di tangan Presiden Joko Widodo. Namun, PGK NTB tetap berharap agar aspirasi dan saran masukan dari daerah bisa menjadi bahan pertimbangan, demi kemajuan daerah NTB ke depan.(Sid)