Daftarkan 100 Persen Kuota Bacaleg ke KPU, DPC PKN Karangasem Targetkan Jumlah Kursi Segini

Penyerahan Berkas Bacaleg PKN ke KPU
Ketua DPC PKN Karangasem, I Wayan Mustika Eko Yudha saat menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg PKN ke KPU Karangasem, pada Minggu (14/5/2023).

KARANGASEM, LOMBOKTODAY.CO.ID – DPC Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Kabupaten Karangasem akhirnya resmi mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) ke KPU Kabupaten Karangasem, pada Minggu (14/5/2023).

Kendati tercatat sebagai salah satu partai pendatang baru, namun DPC PKN Kabupaten Karangasem telah berhasil memenuhi 100 persen Bacaleg di semua daerah pemilihan (Dapil) Kabupaten Karangasem include dengan kuota 30 persen perempuannya.

Seperti halnya partai lain, DPC PKN Karangasem juga ikut memasang target perolehan kursi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Di mana, DPC PKN Kabupaten Karangasem memasang target perolehan 3 (tiga) kursi di DPRD Kabupaten Karangasem dan 1 (satu) kursi di DPRD Provinsi Bali.

‘’Kami merasa sangat optimis bisa merebut 3 kursi DPRD Kabupaten Karangasem dan 1 kursi DPRD Provinsi Bali dalam Pileg 2024 mendatang,’’ kata Ketua DPC PKN Karangasem, I Wayan Mustika Eko Yudha, di sela-sela penyerahan berkas pendaftaran Bacaleg PKN ke KPU Karangasem, pada Minggu (14/5/2023).

Adapun potensi perolehan 3 kursi di DPRD Kabupaten Karangasem tersebut, kata Eko Yudha, yakni meliputi dari daerah pemilihan (Dapil) 1 (Kecamatan Karangasem), Dapil 2 (Kubu), Dapil 3 (Manggis), dan Dapil 4 (Selat, Redang, dan Sidemen). Sedangkan 1 (satu) kursi di DPRD Provinsi Bali tersebut, nantinya akan dipenuhi dari Dapil Kabupaten Karangasem.

Eko Yudha mengaku telah memasang calon potensial untuk bertarung pada Pileg 2024 di DPRD Karangasem. Artinya, sebanyak 45 Bacaleg yang telah didaftarkan oleh PKN ke KPU Kabupaten Karangasem tersebut, siap bertarung dengan Bacaleg incumbent (petahana) maupun new comer (pendatang baru).

Eko Yuda juga sangat mengapresiasi dengan banyaknya kader dari partai lain yang memilih bergabung dan ikut serta menjadi Bacaleg PKN. ‘’Ya lumayan banyak kader partai lain yang bergabung dengan PKN. Kita (masyarakat) merasa jengah dengan situasi politik saat ini, karena banyak janji yang tidak menyentuh rakyat. Tapi, kami berkomitmen bahwa PKN ingin membangkitkan jiwa Nusantara leluhur kita dengan bergotong royong bekerja bersama,’’ ujar pria asal Desa Seraya, Kecamatan Karangasem ini.

Sementara itu, Ketua Bapilu PKN Provinsi Bali, I Made Arnawa mengungkapkan komposisi Bacaleg PKN Kabupaten Karangasem saat ini, terdiri dari tokoh masyarakat, politisi lintas partai, dan sebagian besar kader PKN lengkap di 6 Dapil.

Hanya saja, Made Arnawa mengakui bahwa komposisi daftar Bacaleg PKN tersebut masih memungkinkan untuk berubah, mengingat regulasi juga memungkinkan partai untuk melakukan beberapa perubahan pada tahapan selanjutnya.

Apalagi banyak beredar desas-desus saat ini bahwa sedang terjadi gejolak di Partai Nasdem, di mana banyak kadernya yang mengundurkan diri. ‘’Kami sangat welcome jika ada di antara mereka yang mau bergabung di PKN. Termasuk juga kader-kader partai lain yang tidak diakomodir di partainya, PKN membuka pintu selebar-lebarnya,’’ kata Made Arnawa.

Diiringi Tarian Joged Bungbung dan Gebug Ende

Sementara itu, Joged Bungbung serta Tarian Gebug Ende mengiringi pendaftaran Bacaleg PKN Kabupaten Karangasem ke KPU Kabupaten Karangasem, pada Minggu (14/5/2023). Atraksi budaya yang dipentaskan di area halaman KPU Kabupaten Karangasem itu, dinilai cukup menghibur masyarakat.

Ketua DPC PKN Karangasem, I Wayan Mustika Eko Yudha menjelaskan, bahwa pementasan kesenian Joged Bungbung dan Tarian Gebug Ende ini, setidaknya menjadi salah satu bagian untuk membangkitkan budaya Nusantara. Mengingat masyarakat jengah dengan situasi dan kondisi politik saat ini. Di mana, banyak janji palsu diungkapkan oleh para oknum politisi.

Hadir pula dalam proses pendaftaran Bacaleg PKN ke KPU Kabupaten Karangasem yakni, Ketua PKN Pimda Bali, Putu Indra Mandhala Putra, SH., M.Kn bersama Sekretaris PKN Pimda Bali, I Kadek Cita Ardana Yudi.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *