Tips Sederhana Mengelola Uang Gaji Agar Cukup, Manfaatkan Promo Gajian Untung

Ilustraasi Uang Gaji
Ini ilustrasi uang gaji.

JIKA ini merupakan pertama kali kamu bekerja hingga pertama kali juga memiliki uang sendiri dari kerja keras yang dilakukan, maka tentunya kamu akan merasa bangga dan sangat senang saat waktu gajian tiba, bukan?

Hal itu memang sangat wajar dan bisa dialami semua orang. Hanya saja, setiap orang tentu berbeda–beda dalam menggunakan uang gaji tersebut. Ada yang langsung menabungkan uangnya, ada yang menginvetasikan uangnya dalam bentuk apapun, atau bahkan ada yang menggunakannya untuk berfoya–foya sebagai bentuk perayaan mendapat gaji pertama.

Terlepas dari semua aksi yang dilakukan saat menerima gaji pertama tersebut, tentunya jika kamu seseorang yang memang benar-benar baru dalam dunia kerja dan tidak tahu mesti berbuat apa selanjutnya agar uang gaji bisa mencukupi kebutuhan hingga sebulan atau setidaknya hingga mendapat gaji bulan berikutnya.

Karena itu, kamu butuh perencanaan sistematis dan terukur agar uang gaji tidak hanya cukup hingga tengah bulan saja, sehingga kamu tidak memegang uang sama sekali. Maka, berikut ini ada tips sederhana untuk melakukan pengelolaan uang gaji setiap bulannya:

  1. Membuat Perencanaan Anggaran

Agar uang gajian kamu tidak sampai habis hingga pertengahan bulan dan tidak perlu berhutang kesama kemari, kamu perlu membuat perencanaan anggaran yang benar–benar tepat. Kamu bisa membuat perencanaan berupa pembagian pengeluaran dalam satu bulan. Misalnya seperti uang yang harus dikeluarkan untuk makan, transportasi, komunikasi (pulsa dan paket data), dan lain sebagainya.

Nah, uang gaji bulan tersebut harus benar–benar kamu bagi sesuai posnya. Namun, jangan lupa sisihkan juga untuk keperluan tidak terduga, tabungan, dan uang yang bisa digunakan untuk hangout atau hal sepele lainnya.

  1. Membuat Laporan Pengeluaran Harian

Jika kamu memang beraktivitas sesuai dengan apa yang sudah direncanakan serta uang yang dianggarkan dan dikeluarkan sesuai dengan yang sudah dibagi berdasarkan posnya, maka kamu mungkin tidak perlu membuat laporan keuangan atau pengeluaran harian.

Namun bukan berarti hal itu benar–benar bisa diabaikan begitu saja, karena laporan keuangan harian bisa kamu jadikan pijakan dan tolok ukur sejauh mana pengeluaran kamu dalam satu bulan sekaligus untuk bisa mengetahui apa saja yang seharusnya tidak perlu dibeli di bulan sebelumnya.

  1. Prioritas Utama

Saat kamu berbelanja, sebisa mungkin usahakan untuk mengutamakan yang menjadi prioritas utama. Sebagai contoh, sebelum pergi berbelanja untuk kebutuhan satu bulan, sebaiknya kamu catat terlebih dahulu apa saja yang mesti dibeli.

Dengan membuat catatan, maka nanti saat berada di tempat perbelanjaan, kamu tidak perlu bingung lagi harus membeli apa dan dibingungkan oleh banyaknya pilihan barang–barang lain yang menarik. Setelah semua kebutuhan yang dicatat sudah dibeli, kamu bisa langsung membayarnya.

  1. Manfaatkan Promo Gajian Untung

Apa itu promo gajian untung? Ini merupakan promo potongan harga dari Blibli yang diperuntukkan bagi para pelanggannya. Dengan memanfaatkan promo gajian untung tersebut, kamu jadi bisa mendapatkan barang yang diinginkan tanpa perlu menguras isi kantong berlebihan. Promo gantung dari Blibli ini memiliki periode tertentu, sehingga kamu harus gerak cepat memanfaatkannya dan kemudian mendapatkan manfaatnya.

Selama periode promo gajian untung berlangsung, ada banyak produk yang dijual di Blibli. Bahkan potongan harganya tidak tanggung–tanggung, ada yang hingga 50 persen besarnya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *