Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Mataram Gelar Renstra dan Rakerda

AMAN Mataram
Ketua AMAN Mataram, Lalu M Iswadi Athar (foto kiri), dan suasa fose bersama di sela-sela kegiatan Renstra dan Rakerda AMAN Mataram (foto kanan).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pengurus Daerah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (PD AMAN) Mataram menggelar Rencana Stragis (Rentra) dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) , di Aula Kenari Kantor Walikota Mataram, Sabtu – Minggu (29-30 Juli 2023).

Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Mataram, Lalu M Iswadi Athar mengatakan, acara Renstra dan Rakerda kali ini mengangkat tema ‘’Masyarakat Adat Bangkit Bersatu, Berdaulat, Mandiri dan Bermartabat di Era Milienial’’. Dengan tema tersebut, kata Iswadi, bagaimana mempertahankan eksistensi masyarakat adat di era milenial ini yang menjadi titik point, sehingga adat dan budaya itu bisa tetap lestari di setiap komunitas adat.

‘’Kita akan rumuskan dan petakan program kerja kita dalam kurun waktu 5 tahun ke depan yang tentunya program AMAN Mataram kita akan sinergikan dengan Pemerintah Daerah di Kota Mataram beserta stakeholders adat dan budaya kita,’’ kata Iswadi.

Acara Renstra dan Rakerda AMAN Mataram dibuka oleh Walikota Mataram, H Mohan Ruliskana yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Yusuf. Dalam kesempatan tersebut, Kadis Pendidikan Kota Mataram, Yusuf menyampaikan ucapan selamat atas terselenggaranya kegiatan ini dengan tujuan menghasilkan program kerja yang bermanfaat bagi kelangsungan masyarakat adat, khususnya di Mataram dan NTB.

‘’Insya Allah, AMAN Mataram mampu mewujudkan kehidupan masyarakat adat yang berdaulat, adil, sejahtera, bermartabat dan demokratis. Saya berharap berbagai program kerja AMAN Mataram kali ini mampu menjadi pengejewantahan dari keberadaan AMAN sebagai himpunan masyarakat adat untuk melindungi haknya,’’ kata Yusuf.

Untuk itu, pihaknya berharap kepada para peserta Renstra dan Rakerda agar dapat memberikan ide-ide dan membuat berbagai program yang dapat memajukan AMAN dan daerah ini. ‘’Mari kita terus bergandengan tangan, serta menjaga persatuan dan kesatuan, serta menghasilkan kegiatan yang baik dan dapat dilaksanakan dan bermanfaat bagi masyarakat,’’ ujarnya.

Dalam acara Renstra dan Rakerda tersebut, hadir pula dari pihak PW AMAN NTB, Damanas AMAN Regional Bari Nusra, Ketua-Ketua Komunitas Adat Nusatara se-Kota Mataram, dan beberapa undangan dari Pemerintah Daerah, aktivis, akademisi, TNI, Polri, tokoh adat, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat.(smr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *