PAW Saifurrohaidi, PPP Lombok Timur Nunggu Kering Tanah Kuburan

Lalu Husnan Karyadi
Ketua DPC PPP Lombok Timur, Lalu Husnan Karyadi (LHK).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Calon pengganti antar waktu (PAW) atas wafatnya Saifurrohaidi, Anggota Fraksi PPP DPRD Kabupaten Lombok Timur, masih belum diproses oleh DPC PPP. Ketua DPC PPP Lombok Timur, Lalu Husnan Karyadi saat ditemui Lomboktoday.co.id di kantor DPRD setempat beberapa hari lalu, belum mau memberikan keterangan pasti kapan calon PAW anggota dewan dari Dapil 1 itu.

“Kami belum masuk ke agenda itu, beliau baru saja meninggal belumlah kering tanah kuburan beliau (Saifurrohaidi, Red), tunggu saja ada waktunya,” kata Lalu Husnan Karyadi.

Beredar kabar bahwa bakal calon pengganti almarhum Saifurrohaidi telah pindah partai dan konon nyaleg di partai tempatnya bercokol sekarang. Namun hal itu dibantah oleh Lalu Husnan Karyadi. “Siapa bilang, beliau masih tercatat sebagai kader PPP,” ketus LHK, sapaan akrab Lalu Husnan Karyadi.

Secara terpisah, salah seorang Komisioner Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan SDM KPU Lombok Timur, Taharuddin, SH, MH membenarkan bahwa belum ada pengajuan dari pihak DPRD Lombok Timur terkait verifikasi calon pengganti antar waktu atas meninggalnya salah seorang anggota dewan dari Fraksi PPP.

Taharuddin yang juga wartawan senior itu menjelaskan mekanisme proses pengajuan calon PAW anggota DPRD. Menurutnya, dari pihak partai terlebih dahulu mengajukan proses ke pimpinan DPRD untuk dibahas. “Hasil pleno dewan yang kemudian oleh sekretariat dewan mengajukan ke pihak KPU untuk diverifikasi calon yang menempati ranking suara di bawah anggota yang akan di-PAW, barulah pihak KPU mengeluarkan nama yang sah menjadi pengganti,” jelas Taharudin.(Kml)