Merebut Pasar, Pj Bupati Lotim Bilang Produk UMKM Perlu Branding dan Sertifikasi

Juaini Taofik Fose Bersama UMKM
Pj Bupati Lotim, HM Juani Taofik (tengah) saat fose bersama sejumlah kelompok UMKM.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Juaini Taofik memberikan motivasi kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk lebih berkembang, sehingga dapat meningkatkan perekonomian di Lombok Timur. Hal itu disampaikan Juaini Taofik saat menghadiri pembukaan gerai cemilan produk UMKM di Desa Montong Gading, Kecamatan Montong Gading, Kamis (12/10/2023).

Juaini Taofik menyarankan selain lokasi, produk tersebut juga perlu di-branding. Menurutnya, hal itu sangat penting untuk meraih konsumen yang lebih banyak. Branding, lanjutnya, selain memperkenalkan produk juga meningkatkan daya tarik masyarakat untuk membeli.

Ayah tiga orang anak itu mengingtakan pula selain branding dan promosi, sertifikasi halal dan kelengkapan perizinan juga penting untuk diperhatikan. Hal itu mengingat masyarakat sudah semakin sadar terhadap keamanan dan kehalalan produk makanan yang mereka konsumsi.

Lanjutnya, selain label halal, sertifikasi juga menunjukkan kesiapan mengakses pasar yang lebih luas, termasuk bersaing dalam pengadaan barang.

Sebagai wujud pembinaan dan dukungan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Pemkab Lotim) untuk tumbuh kembang UMKM di daerah ini, maka Pj Bupati Lotim memberikan suntikan dana sebagai stimulus modal usaha.(Kml)