Presiden Jokowi Nilai Bandara Internasional IKN Sangat Penting, Ini Alasannya

Groundbreaking Bandara Internasional IKN
Groundbreaking Bandara Internasional IKN yang ditandai dengan penekanan tombol oleh Presiden Jokowi yang didampingi sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, termasuk Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto; serta Kepala Otorita IKN dan Pj Gubernur Kalimantan Timur.

IKN, LOMBOKTODAY.CO.ID – Presiden Jokowi menilai keberadaan Bandara Internsional IKN ini sangat penting, mengingat semakin padatnya kegiatan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, serta meningkatnya mobilitas orang dan barang dari dan ke IKN.

“Bandara Internasional IKN ini merupakan bandara khusus yang digunakan untuk melakukan layanan kegiatan pemerintahan di IKN dan mendukung konektivitas di IKN,” kata Presiden Jokowi, saat melakukan groundbreaking sejumlah proyek, termasuk Groundbreaking Bandara Internasional IKN, di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Rabu (1/11/2023).

Presiden Jokowi menyebutkan, Bandara Internasional IKN memiliki luas 347 hektare dengan runway 3.000 X 45 meter dan dapat melayani pesawat berbadan lebar. Selain itu, bandara juga dilengkapi terminal seluas 7.350 meter persegi. “Ini penting, sehingga penumpang dapat dilayani dengan nyaman dan baik,” ucap Presiden Jokowi.

Dengan demikian, bandara ini akan membuat kawasan IKN semakin terbuka, konektivitas semakin baik, dan juga semakin mudah dijangkau dari mana pun. “Saya yakin bandara ini akan meningkatkan daya saing, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan perkembangan potensi di daerah dan mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang berproses,” ujar Presiden Jokowi.

Dengan adanya Bandara Internasional IKN, nantinya jarak tempuh ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN hanya memakan waktu sekitar 18 menit. Oleh sebab itu, Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto berharap, bandara ini benar-benar menjadi pendukung mobilitas di IKN. “Saya berharap bandara ini dapat mendukung kelancaran aksesibilitas dan mobilitas di IKN serta mempercepat pertumbuhan wilayah IKN,” harap Hadi Tjahjanto.

Adapun Groundbreaking Bandara Internasional IKN ditandai dengan penekanan tombol oleh Presiden Jokowi yang didampingi sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, termasuk Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto; serta Kepala Otorita IKN dan Pj Gubernur Kalimantan Timur.(Sid)